Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/05/2015

Nama Latin Hewan Dan Tumbuhan

Nama latin hewan dan tumbuhan – Alam semesta adalah tempat untuk berlangsungnya semua makhluk hidup yang ada di dunia ter,asuk didalamnya adalah hewan dan juga tumbuhan. Hewan dan tumbuhan yang ada di alam semesta memiliki banyak sekali jenis dan macamnya. Setiap jenis jenis hewan dan tumbuhan yang hidup di dunia ini memiliki nama latin atau yang sering disebut dengan nama ilmiah.

Nama latin atau nama ilmiah adalah nama yang sering digunakan saat belajar tentang biologi. Untuk memberi nama latin pada hewan dan tumbuhan itu sendiri diberikan berdasarkan pada tata nama biologi yang telah ditetapkan. Tata nama dalam ilmu biologi merupakan salah satu aturan baku bagi seluruh organism atau makhluk hidup yang ada di muka bumi ini.

Dilihat dari system taksonomi atau ilmu biologi tatanama tersebut diambil berdasarkan atas pengambilan nama spesies. Nama nama yang di gunakan adalah nama baku yang telah diberikan dalam bahasa yang dilatinkan atau bahasa latin. Apa saja nama latin dari hewan dan juga tumbuhan yang ada di dunia ini? Anda akan segera menemukan jawabannya setelah membaca artikel berikut.

Nama latin hewan

Nama latin hewan adalah nama ilmiah yang sering digunakan dalam ilmu biologi, nama ilmiah atau nama latin ini diberikan berdasarkan atas susunan tatanama yang ada dalam ilmu biologi. Nama latin dalam ilmu biologi juga diberikan pada beberapa jenis hewan atau binatang yang ada di muka bumi ini. Buat anda yang sedang belajar atau pernah belajar tentang ilmu biologi pasti anda sudah tahu tentang nama latin atau nama ilmiah dari hewan. Berikut adalah nama nama hewan beserta dengan nama latinnya :
  • Babi liar. Nama latin dari hewan babi liar adalah sus scrofa
  • Kuda nil. Nama latin dari hewan kuda nil adalah choeropshis liberiensis 
  • Badak ujung kulon. Nama latin hewan badak ujung kulon adalah rhinocheros sondaicus 
  • Kambing. Nama latin hewan kambing adalah cepra aegrasus 
  • Banteng. Nama latin dari hewan banteng adalah bos sondaicus

Nama latin tumbuhan

Nama latin atau nama ilmiah bukan hanya sekedar ada atau berlaku untuk semua jenis hewan saja, namun tata nama ilmiah atau nama latin juga berlaku untuk jenis tumbuhan. hampir semua jenis tumbuhan yang ada di muka bumi ini memiliki nama latin yang digunakan pada saat mengkaji ilmu biologi. Nama nama latin atau nama ilmiah yang berlaku pada jenis tumbuhan juga sama seperti yang berlaku pada jenis hewan, yaitu diberikan berdasarkan atas susunana tata nama biologi. Beberapa contoh nama latin tumbuhan adalah sebagai berikut : 
  • Asem. Nama latin tumbuhan asem adalah tamarindus indica
  • Bambu. Nama latin tumbuhan bambu adalah bambusa sp 
  • Bugenvil. Nama latin tumbuhan bugenvil adalah bougenvillea glabra