Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/29/2015

Pengertian Inflasi

Pengertian inflasi – Saat terjadi kenaikan harga secara menyeluruh, dan pada saat itu kita sering banget mendengar kata inflasi. Apa sebenarnya pengertian inflasi tersebut? Kenapa kata inflasi sering kali terdengar pada saat terjadi kenaikan harga barang maupun jasa secara menyeluruh. Apakah ada kaitannya inflasi tersebut dengan yang namanya kenaikan harga yang terjadi pada barang maupun jasa? Jika memang inflasi berkaitan dengan kenaikan harga barang dengan begitu secara tidak langsung berarti inflasi tersebut berkaitan dengan perekonomian.

Anda yang sudah mendalami ilmu ekonomi mungkin saja sudah tahu tentang pengertian inflasi tersebut. Bagi anda yang masih terlalu awam dengan kata inflasi tidak perlu khawatir pada uraian dibawah kita akan belajar bersama mengenai pengertian inflasi. Dan bagi anda yang sudah faham anda bisa untuk berbagi ilmu disini untuk kita semua yang masih awam dengan kata inflasi. Untuk itu kita langsung bahas saja tentang pengertian inflasi.

Pengertian inflasi

Pada sedikit uraian diatas telah disinggung mengenai inflasi dan juga kenaikan harga. Dan pada penjelasan diatas juga ditanyakan apakah inflasi ada kaitannya dengan kenaikan harga barang dan jasa yang secara menyeluruh? Jawaban dari pertanyaan itu adalah iya benar sekali. Inflasi memang ada kaitannya dengan kenaikan harga harga barang maupun jasa yang terjadi secara bersama sama.

Pengertian inflasi itu sendiri adalah suatu keadaan atau kondisi dimana terjadi sebuah kenaikan yang berlangsung secara terus menerus dan dalam waktu yang berkelanjutan, kenaikan ini terjadi pada semua barang dan juga jasa. Jadi dengan begitu inflasi itu sendiri dapat dikatakan sebagai kenaikan harga secara menyeluruh pada barang maupun jasa dalam waktu yang lama.

Inflasi

Inflasi itu sendiri merupakan permasalahan ekonomi yang sering sekali dihadapi oleh setiap Negara baik itu Negara kecil maupun Negara yang telah maju dan juga berkembang. Inflasi sering kali dihadapi oleh semua Negara, masalah inflasi itu sendiri merupakan permasalahan yang cukup serius dan harus segera diatasi. Inflasi itu terbagi menjadi empat, pembagian inflasi itu sendiri berdasarkan atas tingkat keparahan kenaikan yang terjadi pada saat itu. adapun ke empat inflasi tersebut adalah : 
  1. Inflasi tingkat yang rendah
  2. Inflasi tingkat yang sedang 
  3. Inflasi tingkat yang tinggi 
  4. Inflasi tingkat yang hiper
Inflasi yang terjadi di setiap Negara tidak terjadi begitu saja tanpa adanya suatu penyebab, melainkan ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan terjadinya inflasi. Adapun penyebab dari inflasi tersebut antara lain adalah : 
  1. Terjadinya kenaikan harga minyak dunia
  2. Adanya kenaikan harga bahan bakar minyak atau yang disebut BBM 
  3. Menurunnya nilai tukar dari rupiah terhadap mata uang dollar