Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/13/2015

Sel Hewan Dan Tumbuhan Serta Keterangannya

Sel hewan dan tumbuhan serta keterangannya – Hewan serta tumbuhan itu termasuk dari bagian makhluk yang memiliki sel didalam tubuhnya. Adapun yang dimaksud dengan pengertian sel itu sendiri adalah sekumpulan unit yang paling kecil yang mengatur aktivitas kehidupan. Sel juga disebut sebagai suatu unit yang paling dasar yang akan membentuk setiap makhluk hidup termasuk hewan dan juga tumbuhan.

Saat anda belajar atau mengkaji ilmu tentang sel yang terdapat pada hewan dan juga tumbuhan, ada satu hal yang harus anda ketahui dahulu sebelumnya, bahwasannya hewan dan juga tumbuhan itu memang sama sama memiliki sel yang terdapat didalam tubuhnya, namun antara sel hewan dengan sel tumbuhan itu ada perbedaan. Ada suatu sel yang dimiliki oleh sel hewan namun tidak dimiliki oleh sel tumbuhan, begitu juga sebaliknya. Jadi antara sel hewan dengan sel tumbuhan tidaklah sama.

Pada penjelasan yang akan diuraikan dibawah ini, akan dijelaskan tentang sel hewan dan juga sel tumbuhan yang akan disertai dengan keterangannya. Anda bisa menimba ilmu tentang sel hewan dan juga sel tumbuhan disini. Maka dari itu, simak dan cermati dengan baik uraian penjelasan dibawah.

Sel hewan dan keterangannya

Sebelum anda belajar lebih dalam tentang sel hewan dan keterangannya, anda harus tahu bahwa pada dasarnya setiap semua jenis makhluk hidup yang ada di muka bumi ini didalam tubuhnya terdiri atas susunan susunan sel. Sama halnya dengan makhluk hidup jenis hewan, didalam tubuh hewan terdiri atas susunan sel yang akan membantu melakukan aktivitas kehidupan didalam tubuh.

Sel yang terdapat didalam tubuh hewan itu merupakan jenis sel eukariotik. Sel eukariotik yang terdapat pada tubuh hewan berbeda dengan sel yang terdapat dalam tubuh tumbuhan, hal ini disebabkan karena pada sel eukariotik hewan tidak terdapat dinding sel dan juga kloroplas. Sel yang tersusun didalam tubuh hewan itu sendiri terdiri atas vesikel, sentriol, mitokondria, nukleolus, nukleus, kromatin, retikulum endoplasma, ribosom, membran sel, sitosol, mikrotubulus, selaput inti, vesikel, lisosom, dan juga badan golgi. Didalam tubuh sel hewan tidak ditemukan vakuola kecuali pada jenis hewan tertentu. Vakuola yang ditemukan pada tubuh hewan tertentu bentuknya lebih kecil dari pada vakuola yang terdapat di dalam tubuh tumbuhan.

Sel tumbuhan dan keterangannya

Setelah diatas dijelakan tentang sel hewan dan juga keterangannya, penjelasan yang selanjutnya adalah tentang sel tumbuhan dan keterangannya. Didalam tubuh tumbuhan terdiri atas beberapa sel yang tersusun sehingga membentuk sebuah jaringan yang akan membantu hidupnya. Beberapa sel yang terdapat dalam tumbuhan antara lain sebagai berikut :
  • Dinding sel. Dinding sel hanya dapat ditemui didalam tubuh tumbuhan. dinding sel disusun dari suatu zat pectin dan ada juga yang tersusun dari selulosa.
  • Plastid. Plastid yang terdapat dalam tumbuhan ada tiga yaitu leukoplas, kromoplas dan juga kloroplas 
  • Vakuola. Vakuola merupakan organ dari sitoplasma yang terisi oleh cairan