Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/16/2015

Struktur Sel Hewan Serta Fungsinya

Struktur sel hewan serta fungsinya – Hewan adalah jenis makhluk hidup yang ada dan tinggal di muka bumi. Setiap jenis makhluk hidup yang tinggal di muka bumi memiliki sel didalam tubuhnya, tanpa terkecuali. Setiap hewan yang hidup pasti tubuhnya tersusun atas beberapa sel yang membantunya dalam melakukan aktivitas kehidupannya.

Pada postingan sekarang akan dibahas tentang struktur sel hewan dan juga fungsinya. Struktur sel yang terdapat pada tubuh hewan dan juga tubuh tumbuhan itu berdeda. Salah satu perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yaitu dalam sel tumbuhan terdapat dinding sel yang akan melindungi sel sel yang lainnya, namun didalam tubuh hewan tidak terdapat dinding sel.

Saat ini kita bukan akan membahas tentang perbedaan struktur sel hewan dengan sel tumbuhan, namun akan lebih difokuskan pada struktur sel hewan dan juga fungsnya. Maka dari itu kita tinggalkan sejenak masalah perbedaan yang ada dari struktur sel hewan dan juga sel tumbuhan. Jika anda membaca dan menyimak baik baik penjelasan berikut maka anda akan tahu tentang struktur sel hewan dan juga fungsinya.

Struktur sel hewan

Sel adalah organisme yang paling kecil yang terdapat didalam tubuh makhluk hidup termasuk hewan. Meskipun sel merupakan organisme yang paling kecil namun sel memiliki fungsi yang sangat penting terhadap kehidupan setiap makhluk hidup. Karena setiap sel yang terdapat didalam tubuh makhluk hidup memiliki fungsi masing masing yang akan membantu tubuh dalam melakukan aktivitas kehidupan.

Struktur sel hewan terdiri membrane plasma yang terbentuk atas lemak dan juga protein, sitoplasma yang berupa cairan sel, retikulum endoplasma yang berbentuk menyerupai benang, mitokondria yang berbentuk menyerupai cerutu, lisosom, ribosom, sentriol, mikrotubulus, dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing masing struktur sel tersebut harus beraktivitas dan menjalankan tugasnya dengan baik supaya tubuh hewan tersebut dapat beroprasi dengan baik pula. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidupnya.

Struktur sel hewan dan fungsinya

Saat ini kita akan membahas tentang struktur sel hewan dan fungsinya. Jika anda belum mengetahui tentang struktur sel hewan dan juga fungsinya, maka anda wajib membaca artikel berikut ini supaya anda bisa menambah pengetahuan anda tentang biosel yaitu ilmu yang mempelajari tentang sel dalam hal ini dikhususkan pada struktur sel yang terdapat pada hewan serta fungsinya. Struktur sel yang terdapat pada tubuh hewan antara lain adalah :
  • Membran plasma. Struktur membran plasma tersusun dari berbagai lemak atau lipida dan juga tersusun dari protein atau lipoprotein. Membran plasma berfungsi untuk melindungi sel lain dan juga untuk mengatur keluar dan masuknya zat dalam tubuh
  • Sitoplasma. Struktur sitoplasma ini berupa cairan yang terdapat didalam sitoplasma. Sitoplasma memiliki sifat yang sangat komplek, sifat dari sitoplasma adalah tidak terlalu cair dan juga tidak terlalu padat. Hal ini berfungsi untuk melautkan zat yang masuk ke dalam tubuh 
  • Reticulum endoplasma. Struktur ini memiliki bentuk yang menyerupai benang dan berfungsi sebagai alat untuk transportasi didalam tubuh