Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/19/2015

Alat Peredaran Darah Dan Pencernaan Manusia Dan Fungsinya

Alat peredaran darah dan pencernaan manusia dan fungsinya – Darah dan makanan adalah dua komponen penting yang harus diperhatikan oleh setiap makhluk hidup. Di dunia ini ada berbagai jenis makhluk hidup dan salah satu diantaranya adalah manusia. Setiap manusia yang hidup di dunia ini membutuhkan makan dan juga didalam tubuhnya membutuhkan darah yang akan selalu mengalir pada saat manusia itu hidup. Makanan adalah sumber energi bagi manusia, sedangkan darah adalah sesuatu yang sangat bermanfaat terhadap kelangsungan hidup manusia.

Darah akan beredar didalam tubuh manusia dari jantung sampai pada seluruh anggota tubuh. Dalam proses peredaran darah yang terjadi dalam tubuh manusia terdapat beberapa alat alat peredaran darah yang ikut terlibat dalam proses peredaran darah tersebut, begitu pula dengan proses pencernaan. Setiap adanya proses pencernaan di dalam tubuh manusia, ada beberapa alat alat pencernaan manusia yang ikut campur dalam proses tersebut. Apa saja alat alat yang ikut membantu proses peredaran darah dan juga proses pencernaan pada manusia? Semua akan dibahas pada ulasan berikut.

Alat alat peredarah darah

Darah yang mengalir di setiap tubuh manusia yang masih hidup berlangsung dari jantung sampai ke seluruh anggota tubuh. Seperti pada penjelasan diatas bahwa dalam proses peredaran darah tersebut melibatkan alat alat peredaran darah yang lain selain jantung. Darah yang ada di dalam tubuh sangatlah membantu proses pengobatan luka yang biasa dikenal dengan istilah pembekuan pada darah. Alat alat peredaran darah yang terdapat didalam tubuh manusia itu terdiri dari jantung dan juga pembuluh darah.

Jantung adalah sebagai pusat dalam kegiatan peredaran darah yang berlangsung di dalam tubuh makhluk hidup. Jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah. Besar dari pada jantung itu kira kira sekitar satu kepal tangan. Berat jantung dari orang dewasa sampai dengan tiga ratus gram. Jantung yang di miliki oleh manusia itu terbagi atas empat ruang yaitu bagian bilik dan serambi. Masing masing terdiri dari dua bagian yaitu bagian kanan dan juga bagian kiri.

Alat alat peredaran darah yang satunya lagi adalah pembuluh darah. Pembuluh darah berfungsi sebagai alat untuk menyusun sirkulasi hal ini dikarenakan darah yang ada didalam tubuh mengalir dari jantung sampai ke seluruh anggota bagian tubuh. Pembuluh darah ini memiliki ukuran yang sangat panjang. Hampir sebagian dari pembuluh darah tersusun oleh pembuluh kapiler yang sifatnya halus.

Alat alat pencernaan manusia dan fungsinya

Saya sudah sering kali membahas tentang pencernaan manusia. Kali ini yang saya bahas mengenai alat alat pencernaan manusia dan fungsinya. Alat alat tersebut meliputi :
  1. Mulut : sebagai alat untuk memasukan makanan yang akan di masukan ke dalam tubuh
  2. Tenggorokan : sebagai alat untuk mengantar makanan yang sudah diolah di dalam mulut ke kerongkongan 
  3. Kerongkongan : sebagai alat untuk mengantarkan makanan ke dalam lambung 
  4. Lambung : sebagai alat untuk memproses lebih lanjut makanan yang dikirim dari kerongkongan 
  5. Usus halus : sebagai alat untuk menyalurkan nutrisi yang diperoleh dari pencernaan ke seluruh tubuh 
  6. Usus besar : menyalurkan sisa makanan yang tidak bisa di cerna ke pankreas
  7. Pankreas : untuk menampung sisa makanan atau sampah sebelum dibuang dari tubuh 
  8. Anus : sebagai saluran untuk membuang sisa makanan atau sampah dari dalam tubuh