Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/04/2015

Cara Kerja Ginjal

Cara kerja ginjal – Saat ini kita akan belajar tentang ilmu biologi yang berhubungan dengan bagian penting yang terdapat dalam tubuh. Ginjal adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi yang penting bagi kelangsungan hidup setiap makhluk hidup. Nah, saat ini saya akan sedikit mengulas tentang masalah cara kerja ginjal. Sudah tahukah anda apa itu ginjal? Dan tahukan anda bagaiman cara kerja ginjal? Dan seberapa pentingnya ginjal bagi kelangsungan hidup setiap makhluk hidup?

Pada penjelasan yang ada dibawah akan saya terangkan tentang cara kerja ginjal, agar anda dapat mengetahui bagaimana sebenarnya ginjal ginjal yang terdapat dalam tubuh itu bekerja. Dan seberapa penting ginjal itu bagi kelangsunga hidup makhluk hidup. Untuk itu jika anda ingin menambah ilmu pengetahuan anda tentang ginjal khususnya tentang cara kerja ginjal, maka anda harus menyimak penjelasan dibawah ini. Semoga dengan adanya postingan yang berisikan tentang cara kerja ginjal yang satu ini dapat memberikan ilmu tambahan bagi kita semua.

Ginjal

Ginjal itu sendiri merupakan salah satu organ yang terdapat dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi sangat penting. Fungsi dari ginjal itu sendiri adalah untuk menyaring sisa sisa dari hasil proses metabolism yang sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga dikeluarkan lagi oleh tubuh berupa cairan air. Cairan air yang dikeluarkan tersebut disebut dengan air seni atau air kencing. Organ ginjal ini sendiri memiliki bentuk yang lonjong dan memiliki ukuran sebesar kepalan telapak tangan, ginjal yang terdapat dalam tubuh itu sendiri ada dua.

Letak dari pada ginjal berada di dekat punggung atau ditengah tengah punggung, namun lebih tepatn ya di dalam kerangka tulang rusuk. Ginjal bisa dikatakan sebagai mesian yang canggih karena cara kerja ginjal sangat lah vital untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Cara kerja ginjal itu sendiri akan di jelaskan pada uraian berikut.

Cara kerja ginjal

Ginjal yang memiliki bentuk sangat kecil memiliki fungsi yang sangat bermanfaat bagi manusia. Meskipun ukuran nya sangat kecil karena hanya sebesar genggaman telapak tangan, namun cara kerjanya bisa diibaratkan sebagai mesin yang memiliki alat canggih. Ginjal memiliki fungsi yang vital. Salah satu fungsi ginjal adalah untuk mengatur kalsium yang terdapat pada tulang, untuk mempertahankan volume dan juga tekanan darah, untuk mengatur proses produksi sel darah merah dan juga untuk menghasilkan hormon.

Cara kerja ginjal itu sendiri untuk mengatur berjalannya proses penyaringan glomerular yang sudah digunakan untuk keperluan tes diagnose pada fungsi ginjal. Selain itu cara kerja ginjal juga untuk melakukan proses reabsorbsi beberapa zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh. Zat zat yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh akan dibuang dalam bentuk cairan air. Zat zat tersebut diantaranya adalah zat ion hydrogen atau H, zat ion klorida atau Cl, racun dan juga ampas dari obat obatan.