Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/21/2015

Fungsi Enzim Renin Dan Enterokinasi

Fungsi enzim renin dan enterokinasi – Pencernaan adalah suatu proses merubah zat makanan yang masih bersifat keras atau besar dirubah menjadi zat yang lebih kecil ataupun lebih halus untuk dijadikan sebagai nutrisi yang berguna sebagai sumber energi bagi setiap tubuh makhluk hidup. Pada manusia proses pencernaan berlangsung dari mulut dan berakhir pada anus. Mulut yang merupakan organ awal dalam proses pencernaan bertugas untuk memecahkan partikel makanan sehingga makanan yang dimakan berubah menjadi partikel yang lembut sehingga mudah untuk diproses selanjutnya.

Anus merupakan sebuah saluran yang berfungsi untuk jalan pembuangan sampah atau sisa makanan yang tidak bisa dicerna oleh lambung. Dalam sistem pencernaan pada manusia melibatkan berbagai organ untuk melakukan kegiatan pencernaan tersebut. Adapun alat alat yang berfungsi membantu proses pencernaan adalah mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, pankreas dan juga anus. Pada organ organ tersebut dapat menghasilkan enzim enzim yang bisa membantu proses pencernaan. Nah, untuk saat ini saya akan membahas tentang fungsi enzim renin dan fungsi enterokinasi yang dihasilkan dari organ sistem pencernaan pada manusia.

Fungsi enzim renin

Pertama saya akan bahas tentang fungsi enzim renin. Namun, sebelum kita bahas lebih jauh tentang fungsi enzim renin tersebut, saya bahas dulu tentang pengertian dari pada enzim renin itu terlebih dahulu. yang dimaksud dengan enzim renin adalah suatu enzim yang memiliki peranan sangat penting dalam proses pencernaan protein. Enzim ini membantu untuk mencerna susu bagi bayi muda. Enzim adalah suatu katalisator organik yang diperoleh dari dalam tubuh setiap makhluk hidup.

Pada tubuh manusia dapat menghasilkan berbagai macam enzim yang berbeda beda dan berbeda pula fungsinya. Enzim yang terdapat didalam tubuh dapat untuk membantu melakukan atau juga untuk mempercepat adanya reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh. Peran enzim dalam tubuh itu sangatlah penting terutama dalam hal metabolism dan juga menjaga suatu energi biokimia. Enzim enzim yang dihasilkan oleh tubuh memiliki fungsi yang sangat penting untuk segala hal salah satunya adalah untuk kegiatan pencernaan. Enzim renin merupakan enzim yang dimiliki oleh aspartic proteinase pada keluarga enzim. Enzim renin juga merupakan suatu enzim yang dihasilkan dari dalam perut bayi, adapun fungsi enzim renin ini sangat penting untuk membantu proses pencernaan asi pada seorang bayi.

Fungsi enterokinasi

Pada ulasan diatas telah dibahas dan dijelaskan tentang fungsi enzim renin yaitu berfungsi untuk membantu proses pencernaan asi pada perut bayi, sekarang kita bahas fungsi enterokinasi yaitu sama sama berfungsi untuk membantu proses pencernaan. Salah satu fungsi dari enterokinasi dalam proses pencernaan adalah untuk mengaktifkan suatu erepsinogen menjadi sebuah erepsin sehingga dapat mengaktifkan tripsinogen menjadi sebuah tripsin lalu merubah tripsin menjadi pepton dan dirubah menjadi zat asam amino.