Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/08/2015

Fungsi Hati Pada Manusia

Fungsi hati pada manusia – Kita semua mungkin sudah tahu jika didalam tubuh makhluk hidup terdapat beberapa organ penting didalamnya. Salah satu organ penting yang terdapat didalam tubuh makhluk hidup khususnya manusia adalah hati. Hati yang ada didalam tubuh manusia memiliki fungsi penting. Sudah tahukah anda fungsi hati manusia? Jika anda belum mengetahui fungsi hati pada manusia, maka anda harus dan juga wajib untuk membaca artikel berikut karena saya akan berbagi ilmu tentang fungsi hati pada manusia.

Bagi anda yang sudah lebih lama mengkaji ilmu biologi khususnya makhluk hidup pasti anda sudah banyak mengetahui tentang fungsi hati pada manusia. Namun bagi anda yang masih sedikit ilmunya tentang biologi mungkin hal itu masih sedikit awam, maka dari itu saya akan mengulas tentang fungsi hati pada manusia. Semoga dengan adanya penjelasan dari saya ini, dapat memberikan tambahan ilmu bagi kita semua.

Fungsi hati manusia

Salah satu fungsi hati manusia adalah sebagai alat penghasil empedu. Namun masih banyak lagi fungsi hati pada manusia yang akan dijelaskan secara lebih rinci pada uraian penjelasan yang ada dibawah. Hati merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi yang sangat penting, maka dari itu hati sangatlah rentan terhadap berbagai jenis penyakit.

Hati manusia merupakanorgan yang paling banyak memiliki fungsi penting. Hati merupakan salah satu bagian sistem pencernaan selain dari saluran pencernaan dan hati memiliki tanggung jawab untuk semua produksi yang dihasilkan dari kolesterol guna penyaringan limbah atau sampah. Karena hati memiliki fungsi yang sangat banyak bagi manusia, maka dari itu hati harus selalu dijaga kesehatannya, agar hati tetap dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Berikut adalah penjelasan yang lebih dalam mengenai fungsi hati pada manusia.

Fungsi hati pada manusia

Hati adalah salah satu jenis kelenjar yang paling besar yang terdapat didalam tubuh manusia. Hati memiliki berat hingga kurang lebih dua kg unutk ukuran hati orang yang telah dewasa. Letak hati berada didalam rongga perut, lebih tepatnya didibawah dada persis atau dibawah diafragma. Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa hati yang terdapat didalam tubuh manusia memiliki fungsi yang sangat banyak. Dibawah adalah beberapa fungsi hati pada manusia :
  1. Hati berfungsi untuk membuang racun racun berbahaya yang ada pada tubuh, misalnya alcohol, obat obatan, nikotin, dan lain sebagainya
  2. Hati berfungsi untuk menyimpan vitamin dan juga zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh 
  3. Hati berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan glukosa atau gula yang bersifat sederhana 
  4. Hati berfungsi untuk merubah gula yang telah disimpan menjadi sebuah glukosa atau gula tingkat jatuh yang dibawah normal.