Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/07/2015

Fungsi Jantung Dan Hati Sebagai Alat Ekskresi

Fungsi jantung dan hati sebagai alat ekskresi – Pada saat ini, saya akan mengkaji ilmu biologi. Sperti yang sudah banyak orang ketahui, bahwa ilmu biologi itu tidak jauh dengan pembahasan masalah makhluk hidup. Saat ini pun saya akan membahas tentang makhluk hidup, khususnya organ yang terdapat didalam tubuh makhluk hidup. Kita semua sudah paham bahwa setiap makhluk hidup memiliki organ penting dalam tubuhnya yang harus dijaga demi kelangsungan hidupnya.

Jantung dan juga hati merupakan contoh organ penting yang terdapat didalam tubuh makhluk hidup. Nah, saat ini saya akan membahas tentang kedua organ penting tersebut, khususnya tentang fungsinya. Apa saja fungsi jantung? Dan apa pula fungsi hati sebagai alat ekskresi? Semua pertanyaan tersebut akan segera diketahui jawabannya, jika anda membaca ulasan yang ada dibawah ini, karena dibawah ini saya akan menguraikan penjelasan tentang fungsi jantung dan hati sebagai alat ekskresi.

Fungsi jantung

Jantung merupakan organ penting yang ada didalam tubuh makhluk hidup, adapun fungsi jantung yang paling utama adalah sebagai alat untuk memompa darah untuk disalurkan ke seluruh anggota tubuh, jantung juga akan menampung kembali darah darah yang telah dibersihkan oleh hati. Sudah tahu bukan betapa pentingnya jantung bagi setiap makhluk hidup? Jantung merupakan salah satu organ yang menentukan lama tidaknya kelangsungan hidup setiap makhluk. Dapat dibayangkan jika jantung sudah tidak menjalankan fungsinya, maka makhluk tersebut dapat saja mengalami kematian.

Jantung menyiapkan oksigen darah untuk dialirkan ke seluruh anggota tubuh selain itu jantung juga membersihkan anggota tubuh dari karbondioksida yang dihasilkan pada proses metabolisme. Maka dari itu jantung sangat butuh perawatan yang ekstra agar jantung bisa tetap menjalankan fungsinya dengan baik. Selain jatung, hati juga merupakan organ makhluk hidup yang penting pula. Dibawah akan saya jelaskan tentang fungsi hati sebagai alat ekskresi.

Fungsi hati sebagai alat eksrkresi

Hati atau yang dikenal juga dengan istilah hepar merupakan suatu kelenjar yang paling besar yang terdapat didalam tubuh. Letak hati itu sendiri berada dibawah difragma atau yang lebih dikenal dengan istilah dada. Fungsi hati sebagai alat ekskresi adalah sebagai berikut : 
  1. Menetralisir semua racun dan mengeluarkannya dari dalam tubuh lewat urine
  2. Merubah glukosa menjadi zat glikogen guna mengatur kadar gula pada darah 
  3. Mengeluarkan cairan empedu dan zat warna empedu yang dikeluarkan melalui urine 
  4. Sebagai tempat untuk mendapatkan empedu yang asalnya dari hemoglobin atau sel darah merah yang sudah tua. Caiean empedu yang telah dihasilkan oleh hati tersebut akan disimpan didalam kantung empedu. 
  5. Hati sebagai tempat untuk bersintesi bagi beberapa zat dalam tubuh.