Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/10/2015

Fungsi Mulut Pada Ikan

Fungsi mulut pada ikan – Ikan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang berhabitat didalam air, baik air laut maupun air tawar. Ikan bernafas menggunakan insang dilakukan dengan cara membuka dan juga menutup insang. ikan yang berenang di dalam air akan memasukan ait ke dalam mulutnya, dan air tersebut akan dikeluarkan kembali lewat insang. di dalam insang terjadi adanya pertukaran gas pada saat air yang masuk melewati lembaran insang.

Nah, sekarang kita tinggalkan dulu mengenai insang sebagai alat pernafasan bagi ikan. Yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai mulut ikan, khususnya fungsi dari pada mulut ikan. Apa saja fungsi dari mulut ikan tersebut? Sebelum saya bahas tentang fungsi mulut ikan, saya akan member tahu sedikit informasi bahwa didalam tubuh ikan juga terjadi proses pencernaan seperti pada manusia, hanya saja saluran sistem pencernaannya berbeda dengan saluran pencernaan manusia. Mulut merupakan salah satu organ pencernaan bagi ikan. Jika begitu jadi apa sebenranya fungsi mulut pada ikan tersebut?

Fungsi mulut ikan

Pada keterangan diatas telah dijelaskan bahwa ikan memiliki saluran pencernaan sama seperti makhluk hidup yang lainnya. Hanya saja organ organ pencernaannya itu berbeda. Saluran pencernaan pada ikan umumnya dimulai dari organ mulut, kemudian rongga mulut, kemudian faring, kemudian esophagus, kemudian lambung, kemudian pylorus, kemudian usus dan juga anus. Adapun kelenjar pencernaan yang terdapat pada ikan adalah pankreas, lambung dan juga hati.

Saat ini saya tidak akan membahas tentang jenis jenis saluran pencernaan yang terdapat pada ikan, namun seperti yang sudah dikatakan diatas jika saat ini saya akan membahas tentang fungsi dari mulut ikan. Apa sebenarnya fungsi mulut ikan tersebut? Fungsi mulut pada ikan akan di uraiakan secara lebih jelas pada keterangan yang ada di bawah. Untuk itu anda harus benar benar menyimak agar anda mengetahui fungsi mulut pada ikan yang sebenarnya.

Fungsi mulut pada ikan

Mulut merupakan salah satu saluran pencernaan yang dimiliki oleh ikan sama seperti saluran pencernaan pada manusia. Hanya saja letak dan juga ukurannya yang berbeda antara mulut ikan dan mulut manusia. Di dalam mulut ikan terdapat gigi dengan bentuk yang lebih kecil dari pada gigi manusia. Jika pada manusia mulut berfungsi untuk memasukan partikel makanan dan kemudian dihancurkan didalam mulut, maka fungsi dari mulut ikan pun tidak jauh berbeda dengan fungsi mulut manusia.

Fungsi mulut pada ikan yang paling utama adalah untuk memasukan segala jenis makanan dan juga air yang akan diproses oleh saluran pencernaan yang selanjutnya. Akan tetapi makanan yang dimasukan ke dalam mulut ikan tersebut tidaklah dikunyah ataupun dicerna sama halnya seperti yang dilakukan oleh manusia dan juga oleh hewan yang memiliki tulang belakang.