Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/22/2015

Fungsi Pencernaan, Pepsin Dan Renin

Fungsi pencernaan, pepsin dan renin – Bicara masalah pencernaan tentunya anda sudah banyak tahu bukan? Karena saya yakin sudah banyak sekali artikel yang membahas tentang pencernaan. Saya pun sudah banyak sekali membahas masalah pencernaan, entah itu pencernaan pada hewan maupun pencernaan pada manusia. Pencernaan terjadi bukan hanya pada manusia saja, melainkan pada semua jenis makhluk hidup yang membutuhkan makan. Sebab proses pencernaan itu sendiri merupakan proses perubahan makanan dari yang tadinya masih bersifat kasar dirubah menjadi bersifat sederhana untuk mendapatkan energy sebagai kekuatan energi untuk tubuh.

Pencernaan itu sendiri memiliki fungsi tersediri bagi tubuh makhluk hidup, fungsi dari pada pencernaan akan saya ulas nanti pada keterangan yang ada di bawah. Ada sesuatu yang harus anda ketahui saat anda belajar masalah pencernaan, hal penting yang harus anda ketahui saat belajar masalah pencernaan adalah bahwa dalam proses pencernaan bukan hanya melibatkan organ organ sistem pencernaan saja, melainkan juga melibatkan cairan enzim yang dapat membantu melancarkan proses penceenaan, cairan tersebut dapat diperoleh dari organ pencernaan. Selain akan membahas tentanf fungsi pencernaan disini saya juga akan membahas tentang fungsi pepsin dan fungsi renin. Apa saja fungsinya? Yuk kita lihat sama sama.

Fungsi pencernaan

Saya sudah banyak sekali membahas masalah pencernaan, namun hanya sebatas tentang sistem pencernaan, saluran sistem pencernaan, organ sistem pencernaan saja, dan saya belum sempat membahas tentang fungsi pencernaan. Maka dari itu pada kesempatan ini saya sempatkan untuk membahas fungsi pencernaan, siapa tahu anda sedang membutuhkan informasi tentang fungsi pencernaan.

Jika anda memang sedang butuh informasi tentang fungsi pencernaan, maka tidak salah jika anda membaca artikel ini. Fungsi pencernaan adalah
  • Fungsi pencernaan adalah untuk mengeluarkan sisa makanan yang tidak dicerna oleh tubuh
  • Fungsi pencernaan adalah untuk menghancurkan partikel makanan sehingga bisa lebih halus 
  • Fungsi pencernaan adalah untuk menyerap sari makanan dan disebarkan ke semua bagian tubuh

Fungsi pepsin dan renin

Pada penjelasan diatas telah dikatakan bahwa dalam proses pencernaan bukan hanya membutuhkan organ pencernaan saja, melainkan juga membutuhkan cairan enzim yang akan membantu proses pencernaan agar bisa berjalan lebih lancar. Enzim enzim yang dapat membantu proses pencernaan tersebut dapat dihasilkan dari organ organ pencernaan. Enzim pepsin dan juga renin adalah contoh dari enzim yang dapat membantu proses pencernaan. Fungsi pepsin dan renin itu sendiri berbeda beda.

Fungsi yang paling utama dari pepsin adalah sebagai alat untuk membantu proses pemecahan protein yang banyak ditemukan di semua makanan seperti di dalam daging dan juga telur. Protein tersebut akan dipecahkan manjadi yang lebih kecil atau fragmen yang disebut dengan polipeptida. Adapun fungsi dari renin adalah untuk membantu mencerna asi pada perut bayi yang masih terlalu kecil.