Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/05/2015

Fungsi Sistem Pencernaan

Fungsi sistem pencernaan – Saat ini kita akan belajar tentang biologi. Jika kita belajar masalah biologi salah satu ilmu yang harus dikaji dalam biologi adalah makhluk hidup. Setiap makhluk hidup pasti akan melakukan kegiatan makan untuk mendapatkan energy dari sari sari makanan yang telah dimakan nya. Setiap makhluk hidup yang makan semua makanan tersebut akan dicerna melalui organ yang bertugas untuk mencerna setiap makanan yang telah masuk.

Nah, pada saat ini saya akan ulas materi tentang sistem pencernaan. Khususnya tentang fungsi sistem pencernaan. Sudah tahukah anda apa yang dimaksud dengan pencernaan? Dan alat apa saja yang berfungsi untuk melakukan pencernaan? Lalu apa fungsi dari sistem pencernaan tersebut? Sebagai manusia yang memiliki kewajiban untuk menuntut ilmu maka anda harus mengetahui itu semua. Sebab, itu semua sangat berhubungan dengan mekhluk hidup. Jika anda ingin mengetahui itu semua anda harus baca ulasan penjelasan dibawah ini.

Sistem pencernaan

Salah satu organ dalam tubuh makhluk hidup yang paling penting adalah sistem pencernaan. Sistem pencernaan itu sendiri terdiri dari beberapa organ yang akan membantu dalam proses mencerna setiap makanan yang masuk dan juga asimilasi setiap nutrisi. Pencernaan itu sendiri merupakan suatu proses pemecahan partikel partikel setiap makanan yang masih kompleks, baik itu dilakukan secara mekanis dan juga kimiawi dirubah menjadi sebuah bentuk yang paling sederhana dari nutrisi, sehingga hal tersebut akan lebih mudah diserap dalam tubuh.

Setiap makhluk hidup itu melakukan proses yang kompleks dan terdiri dari pemecahan partikel organic yang masih besar sehingga berubah menjadi partikel yang lebih kecil. Partikel partikel tersebut kemudian digunakan sebagai bahan bakar didalam tubuh. Organ organ utama yang membantu adanya proses pencernaan adalah mulut, kerongkongan atau tenggorokan, lambung, usus baik usus besar maupun usus kecil, dan juga hati. Dalam proses pencernaan tersebut membutuhkan kordinasi dari beberapa enzim yang hanya bisa dihasilkan oleh organ organ yang dapat membantu proses pencernaan seperti mulut, lambung, dan sebagainya. Jika anda sudah mengetahui apa itu sistem pencernaan, maka yang harus anda ketahui selanjutnya adalah fungsi dari sistem pencernaan. Apa fungsi sistem pencernaan tersebut? Semua akan dijelaskan dibawah.

Fungsi sistem pencernaan

Fungsi sistem pencernaan yang paling utama adalah guna memberikan nutrisi bagi tubuh untuk proses pertahanan diri dan juga untuk membuang produk sampah atau limbah dari dalam tubuh. Adapun fungsi sistem pencernaan yang lain adalah sebagai berikut :
  1. Ingesti. Ingesti merupakan sebuah proses pengambilan makanan untuk dimasukan kedalam sistem pencernaan yang dilakukan dengan cara menggunakan organ pencernaan berupa mulut
  2. Mastikasi. Mastikasi adalah sebuah proses untuk menguyah atau menghancurkan partikel makanan yang masih besar untuk dirubah menjadi partikel yang lebih kecil sehingga akan lebih mudah dicerna dalam tubuh. Proses mastikasi ini dibantu dengan menggunakan enzim yang ada didalam mulut yaitu berupa air liur 
  3. Deglutition adalah sebuah tindakan untuk menelan makanan dari mulut untuk menuju ke dalam perut 
  4. Digestion yaitu proses memecah makanan secara mekanis dan juga kimiawi 
  5. Absorpsi yaitu suatu bagian dari pada molekul makanan dari usus menuju darah 
  6. Peristaltic yaitu proses kontraksi berupa gelombang yang akan memindahkan makanan pada saluran pencernaan 
  7. Defekasi yaitu proses pembuangan limbah yang ada didalam tubuh