Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/23/2015

Fungsi Sistem Saraf Pusat, Simpatik Dan Tepi

Fungsi sistem saraf pusat, simpatik dan tepi – Bicara masalah makhluk hidup kita juga akan bicara masalah saraf yang terdapat didalam tubuh makhluk hidup. Dalam tubuh makhluk hidup terdapat beberapa susunan saraf yang berguna bagi kelangsungan hidupnya. Contohnya pada manusia, dalam tubuh manusia terdapat sistem saraf pusat, sistem saraf simpatik, sistem saraf tepi, dan lainnya. Kenapa saya bahas masalah sistem saraf? Karena sistem saraf merupakan salah satu hal yang penting yang harus anda ketahui ketika anda belajar mengenai masalah makhluk hidup.

Sistem saraf yang saya telah sebutkan diatas memiliki fungsi masing masing, dan sebetulnya saya disini khusus akan membahas tentang fungsi sistem saraf baik fungsi sistem saraf pusat, fungsi sistem saraf simpatik, maupun fungsi sistem saraf tepi. Saya akan bahas ketiga fungsi sistem saraf tersebut. Sebab, ketiga sistem saraf tersebut sama sama memiliki fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia atau makhluk hidup.

Fungsi sistem saraf pusat

Fungsi sistem saraf pusat adalah sebagai alat untuk memilih milih segala jenis informasi yang didapat. Sistem saraf pusat ini kemudian menempatkannya bersamaan dengan informasi dalam hal untuk mengendalikan suatu tindakan dari dalam tubuh setiap manusia. Seiring dengan adanya sistem saraf parifer yang terdapat dalam berbagai organ pada tubuh manusia, sistem saraf pusat ini manjadi bertindak seolah olah sebagai seorang kepala ptugas yang akan mengontrol semua kegiatan yang dilakukan tubuh. Dua bagian utama dari sistem saraf pusat adalah otak dan juga sumsum tulang yang ada dibagian belakang, dan bagian tersebut bertanggung jawab atas diri mereka yang telah berkontribusi pada semua tugas umum.

Fungsi sistem saraf simpatik dan tepi

Pada penjelasan diatas telah disebutkan fungsi sistem saraf pusat, sekarang saya jelaskan tentang fungsi sistem saraf simpatik dan tepi. Fungsi sistem saraf simpatik adalah sebagai berikut :
  1. Berfungsi untuk mengalihkan suatu aliran darah dari gastro intestinal atau yang disingkat dengan GI dan juga mengalihkan aliran darah dari kulit melalui sebuah vasokonstriksi
  2. Berfungsi sebagai aliran darah kepada otot dan juga paru paru namun tidak hanya untuk dipertahankan melainkan juga untuk ditingkatkan
  3. Berfungsi untuk melebarkan bronkiolus pada paru paru yang dapat memungkinkan terjadinya pertukaran oksigen yang jauh lebih besar 
  4. Berfungsi untuk meningkatkan kontraktilitas sel jantung dan juga denyut jantung
Sistem saraf tepi dibagi menjadi dua bagian yaitu sistem saraf sadar dan juga tak sadar. Sistem saraf sadar dibagi lagi mejadi dua yaitu spinal dan juga kranial. Sedangkan sistem saraf tak sadar juga dibagi menjadi dua bagian yaitu sistem saraf simpatik dan parasimpatik. Fungsi sistem saraf tepi yaitu untuk menggerakan atau menjalankan organ tubuh dan juga otot.