Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/24/2015

Fungsi Usus 12 Jari, Buntu Dan Besar

Fungsi usus 12 jari, buntu dan besar – Pada tubuh manusia ataupun makhluk hidup yang lainnya terdapat berbagai macam usus. Usus terletak dibagian dalam, sehingga tidak akan Nampak jika dilihat dari luar. Usus usus yang terdapat di dalam tubuh manusia maupun tubuh makhluk hidup yang lainnya itu memiliki fungsi. Usus dua belas jari, usus buntu, dan juga usus besar merupakan contoh dari pada usus usus yang ada didalam tubuh manusia.

Saat ini saya bukan akan membahas tentang macam macam usus yang terdapat didalam tubuh manusia, melainkan saya akan membahas tentang fungsi usus dua belas jari, fungsi usus buntu dan juga fungsi usus besar. Kenapa yang saya bahas itu fungsinya? Sebab, usus usus yang terdapat didalam tubuh memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Maka dari itu saya ingin berbagi ilmu tentang fungsi usus dua belas jari, usus buntu, dan juga usus besar.

Fungsi usus dua belas jari

Usus dua belas jari adalah salah satu bagian dari jenis usus halus yang terdapat didalam tubuh manusia setelah lambung. Usus dua belas jari ini akan menghubungkan kepada usus kosong atau disebut usus jejunum yang mempunyai panjang kira kira 38 cm. Usus dua belas jari ini adalah usus yang paling pendek diantara usus usus yang lain yang termasuk jenis usus halus.

Usus dua belas jari ini merupakan suatu organ retroperitoneal yang semua bagiannya tidak terbungkus oleh adanya selaput peritoneum. Pada dinding usus dua belas jari terdapat lapisan lapisan yang bentuknya tipis. Lapisan ini berfungsi untuk membuat mukosa otot. Usus dua belas jari memiliki nama lati yang asalnya dari bahasa latin yaitu duodenum digitorum. Fungsi usus dua belas jari adalah untuk menyampaikan makanan kepada usus halus.

Fungsi usus buntu dan besar

Pada ulasan diatas dijelaskan mengenai fungsi usus dua belas jari, kini saat nya saya jelaskan tentang fungsi usus buntu dan besar. Apa fungsi dari usus buntu dan juga fungsi usus besar? Sebelum dibahas fungsinya, saya bahas pengertiannya dahulu. usus buntu adalah sebuah organ yang memiliki bentuk menyerupai sebuah tabung dan memiliki ukuran kurang lebih sampai 10 cm, usus buntuk ini terdapat di antara persimpangan usus kecil dan juga usus besar.

Usus buntu dapat saja mengalami peradangan, apabila terjadi peradangan pada usus buntu maka akan terjadi timbulnya rasa sakit pada bagian perut. Fungsi dari usus yang satu ini belum bisa diketahui secara lebih jelas dan pasti, hanya saja seiring dengan adanya perkembangan zaman usu yang satu ini berfungsi sebagai apendiks yaitu sebuah organ imunologi yang secara aktif ikut berperan terhadap proses sekresi immunoglobulin yang telah berisi suatu kelenjar limfoid. Sedangkan yang dimaksud dengan usus besar adalah suatu bagian usus yang terletak antara usus buntu dan juga rectum. Usus besar disebut juga dengan usus kolon. Fungsi usus besar adalah untuk menyerap air yang terdapat pada feses.