Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/09/2015

Jenis Jenis Penyakit Pencernaan

Jenis jenis penyakit pencernaan – Masih bicara tentang pencernaan. Pastinya anda sudah tahu bahwa pencernaan merupakan proses untuk merubah partikel makanan yang besar menjadi energi yang digunakan untuk menjaga kelangsungan hidup setiap makhluk hidup. Dalam proses pencernaan juga melibatkan beberapa organ sistem pencernaan yang terdapat didalam tubuh makhluk. Proses pencernaan pada manusia dimulai dari mulut dan diakhiri oleh alat pembuangan.

Pencernaan yang diawali dari mulut dan akan berakhir pada alat pembuangan bukan berarti tidak akan terserang penyakit. Proses pencernaan yang melibatkan beberapa organ penting dalam tubuh juga dapat terserang penyakit. Sudah tahukah anda jenis penyakit pencernaan itu seperti apa saja? Jenis jenis penyakit pencernaan akan saya ulas pada uraian dibawah.

Jenis penyakit pencernaan

Sistem pencernaan itu merupakan sebuah alat yang bisa dikatakan penting, maka dari itu organ sistem pencernaan harus dijaga sedemikian rupa supaya tidak terserang penyakit sehingga akan dapat mengganggu proses pencernaan. Jika sistem pencernaan sudah terserang penyakit maka penyerapan nutrisi pada tubuh akan mengalami penurunan dan hal ini akan membuat tubuh menjadi tidak sehat dan gampang terserang penyakit yang lainnya. Ada berbagai macam jenis penyakit pencernaan. Sudah tahukah anda, apa saja jenis jenis penyakit pencernaan apa saja? Jenis jenis penyakit pencernaan tersebut akan dipaparkan secara lebih jelas di uraian yang ada di bawah.

Jenis jenis penyakit pencernaan

Sistem pencernaan yang terdapat pada manusia itu dibagi menjadi dua kelompok yaitu saluran pencernaan dan juga organ pencernaan tambahan. Saluran pencernaan adalah saluran dalam pada proses pencernaan yang meliputi mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus, pankreas, dan alat pembuangan. Adapun organ pencernaan tambahan merupakan organ organ yang membantu dalam berlangsungnya proses pencernaan seperti gigi, kelenjar, cairan enzim, lidah, dan lain sebagainya.

Sistem pencernaan dapat saja mengalami gangguan atau terserang penyakit. Adanya gangguan yang menyerang sistem pencernaan itu banyak disebabkan kerna hal hal sebagai berikut :
  1. Adanya pola makan yang tidak beraturan, dalam hal ini adalah sering menunda nunda waktu makan, atau bisa juga sering kali kekenyangan pada saat makan.
  2. Adanya rutinitas minum secara berkali kali pada saat masih makan 
  3. Makanan yang masuk dala lambung masih terlalu kasar sehingga sulit untuk dicerna karena pada saat dimulut prosesnya terlalu cepat 
  4. Mengalami stress yang terlalu lama sehingga mengakibatkan sekresi di dalam lambung menjadi mengalami peningkatan
Adapun jenis jenis penyakit pencernaan adalah sebagai berikut :
  1. Xerostomia yaitu jenis penyakit yang terjadi didalam mulut. Sehingga menyebabkan lidah menjadi mengalami penurunan dalam produksi air liur
  2. Magh yaitu jenis penyakit yang disebabkan karena adanya peningkatan asam lambung, Janis penyakit ini akan menimbulkan efek nyeri pada bagian lambung sebab dinding dari pada lambung itu terkikis 
  3. Gastritis yaitu jenis penyakit iritasi pada bagian lambung yang disebabkan karena adanya peningkatan asam lambung yang sangat tinggi sama hal nya dengan penyakit magh