Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/26/2015

Karakteristik Wanita Shalihah

Karakteristik wanita shalihah - Seorang wanita adalah seseorang yang memiliki peran besar dalam kehidupan ini. Selain sebagai seorang anak dari orang tuanya, kelak ia akan menjadi seorang istri dari suaminya, dan akan menjadi seorang ibu karena dari rahimnya akan lahir generasi baru yang harus dididiknya. Wanita shalihah mempunyai pengaruh yang begitu besar di dalam kehidupan setiap muslim. Hal ini disebabkan karena pada hakikatnya wanita merupakan suatu sosok yang dapat menentukan maju mundurnya atau kuat lemahnya para generasi.

Wanita shalihah dituntut untuk membekali diri dengan nilai-nilai ajaran Islam yang mencakup seluruh aspek kehidupan. Sebab wanita merupakan sekolah pertama didalam membangun kehidupan masyarakat. Sebagaimana Sabda Rasulullah :

“Dunia adalah perhiasaan.Dan sebaik-baiknya perhiasaan adalah wanita shalihah”(HR. Muslim). Wanita shalihah pada umumnya tumbuh dalam lingkungan yang baik dan besar dalam rumah yang mulia. Anak-anak yang lahir dari rahim wanita shalihah dalam tubuhnya akan mengalir tabiat kemuliaan sehingga kelak ia akan tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak mulia.

Pengertian wanita shalihah

Al-Qur’an surat Al-Azhab telah menjelaskan, bahwa pengertian wanita shalihah adalah seorang wanita yang benar aqidahnya, sederhana, sabar, setia, mampu menjaga kehormatannya ketika suami tidak berada di rumah, mempertahankan keutuhan rumah tangganya di waktu susah maupun senang, serta mengajak untuk senantiasa ada dalam pujian Allah SWT. Untuk mendapatkan gelar sebagai wanita shalihah ada dua jalur yang harus ditempuh yaitu Hablum Minallah dan Hablum minannaas. Hablum Minallah yaitu selalu berhubungan dengan Allah SWT dalam semua tindakan dan perbuatan dan Hablum Minannaas yaitu yang berhubungan dengan sesama manusia. Maksudnya bahwa untuk menjadi wanita shalihah selalu berbuat baik kepada sesame manusia.

Hablum minallah, yaitu selalu berhubungan dengan Allah SWT dalam semua perbuatan dan tindakan. Artinya, semua perbuatan dan amalannya tidak melanggar aturan-aturan Allah SWT. Sedangkan Hablum minannaas, yaitu berhubungan dengan sesama manusia. Maksudnya yaitu bahwa untuk menjadi wanita shalihah ia selalu berbuat baik dengan sesama manusia.

Wanita shalihah adalah wanita yang cantik lahir dan batin baik ia memiliki kecantikan asli atau kecantikan ideal. Cantik lahir yaitu dilihat secara fisik, darah daging dan tulang belulangnya bersih dari benda-benda haram. Sedangkan cantik batin yaitu batinnya bersih dari kotoran kejiwaan, sebab wanita shalihah senantiasa mendaekatkan diri pada Allah SWT.

Karakteristik wanita shalihah

Wanita merupakan tiang Negara. Dimana jika wanitanya rusak, maka rusaklah Negara itu. Demikian sebaliknya, jika wanitanya baik, maka baiklah Negara itu. Untuk membentuk generasi penerus yang baik maka diperlukan adanya sosok wanita yang shalihah. Karakteristik wanita shalihah di antaranya:
  1. Taat kepada Allah SWT. Ketaatannya melebihi kepada apapun yang mesti ditaati
  2. Senantiasa menyerahkan segala urusan hidupnya kepada hukum dan syariat Allah SWT 
  3. Senantiasa menjadikan Al-Qur’an dan Hadis sebagai sumber hukum dalam mengatur seluruh aspek kehidupannya 
  4. Ibadahnya baik dan memiliki akhlak serta budi pekerti yang mulia 
  5. Tidak suka berdusta, bergunjing dan riya’