Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/25/2015

Konsep Pendidikan Islam

Konsep pendidikan islam - Pendidikan islam merupakan suatu pendidikan yang memiliki tujuan guna membentuk kepribadian muslim pada setiap anak didik. Pendidikan disini untuk mengembangkan semua potensi yang dimiliki oleh anak didik baik itu potensi jasmani maupun potensi rohani. Pendidikan islam akan selalu mengajarkan anak didiknya untuk mencapai sebuah tujuan yang mulia yaitu agar anak didiknya taat dan juga patuh pada Allah SWT. Tujuan tersebebut merupakan sebuah tujuan yang paling umum dari adanya pendidikan islam.

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan membahas lebih dalam tentang konsep pendidikan islam. Apa yang dimaksud dengan konsep pendidikan islam? Semua itu akan dibahas lebih jelas dan lebih dalam pada penjelasan yang ada di bawah ini. Sebelum kita membahas lebih dalam tentang konsep pendidikan islam, yang perlu anda ketahui adalah bahwa tidak semua manusia yang beragama islam di dunia ini dapat patuh dan juga tunduk pada Allah SWT sebagai Tuhan yang patut ia sembah. Salah satu penyebab terjadinya ketidaktaatan ini disebabkan karena adanya pendidikan islam yang lemah.

Pendidikan islam

Kita semua tentunya sudah mengetahui bahwa setiap manusia yang dilahirkan ke dunia ini, dilahirkan dalam keadaan yang fitroh. Fitroh berarti suci. Keberadaan bayi yang suci itu dapat dirubah dan juga menset oleh manusia yang telah dewasa sebagai pengajarnya atau sebagai gurunya. Pendidikan yang paling utama menurut islam adalah pendidikan yang diajarkan oleh orang tua.

Menurut pandangan islam pendidikan yang paling utama adalah pendidikan dari orang tua. Pendidikan islam adalah pendidikan yang membentuk suatu pribadi yang muslim dan muslimah. Yaitu suatu pribadi yang taat dan juga patuh terhadap perintah Allah SWT. Tujuan dari pada pendidikan islam adalah :
  1. Untuk membentuk pribadi yang memiliki akhlaqul karimah yaitu suatu akhlak yang baik
  2. Untuk menyiapkan mental agar dapat menjalankan hidup baik di dunia maupun di akhirat 
  3. Untuk menciptakan pribadi yang patuh terhadap perintah Allah dan meninggalkan segala larangannya

Konsep pendidikan islam

Konsep pendidikan islam dibangun dari dua pilar yang paling utama menurut islam yaitu Al quran dan juga As sunnah. Konsep pendidikan islam itu sendiri bermuara dalam suatu tujuan, dasar, aspek dan juga sebuah realisasi yang merupakan sebuah bukti dari adanya teori yang harus segera dibuktikan yaitu untuk mewujudkan atau menciptakan seorang manusia yang memiliki ketaqwaan dan juga memiliki iman yang baik, sehingga dapat bertanggung jawab terhadap amanah yang di emban oleh setiap manusia. Pada penjelasan diatas telah disebutkan beberapa tujuan dari pendidikan islam yang salah satunya adalah untuk membentuk suatu pribadi yang memiliki aklak yang baik guna menyiapkan mental untuk dapat menjalankan hidup baik didunia maupun diakhirat.