Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/15/2015

Sistem Peredaran Darah Besar Dan Kecil

Sistem peredaran darah besar dan kecil – Kita semua pastinya telah mengetahui bahwa didalam tubuh setiap makhluk yang masih hidup terdapat darah yang mengalir di dalam tubuh nya, baik itu di dalam manusia maupun hewan. Jika dilihat secara skematis ada dua macam sistem peredaran darah yang terjadi pada manusia yaitu sistem peredaran darah besar dan sistem peredaran darah kecil. Sistem peredaran darah pada manusia dilakukan oleh jantung. Jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah yang akan disalurkan ke seluruh bagian anggota tubuh.

Jantung pada manusia mempunyai empat ruangan yang telah disekat dengan sempurna hingga tidak akan mungkin terjadi pencampuran pada darah tersebut dari masing masing ruangan yang ada tersebut. Ke empat ruangan itu sendiri terdiri atas dua serambi atau atrium yang terdiri dari serambi kanan dan juga serambi kiri, dan terdiri atas dua bilik atau ventrikel yaitu bilik kanan dan juga bilik kiri. Antara serambi dan juga bilik dibatasi oleh yang namanya katup, katup tersebut berfungsi untuk mencegah setiap aliran darah. Darah akan masuk lewat serambi dan akan dipompa menuju bilik setelah itu baru dipompa ke semua anggota bagian tubuh. Saat ini saya akan membahas tentang sistem dua macam sistem peredaran darah yaitu sistem peredaran darah besar dan kecil.

Sistem peredaran darah

Sistem peredaran darah yang terjadi didalam tubuh manusia itu dibagi menjadi dua macam yaitu sistem peredaran darah besar dan juga sistem peredaran darah kecil. Pada tubuh manusia yang masih hidup akan selalu terdapat darah yang mengalir, karena darah yang ada didalam tubuh manusia memiliki fungsi yang penting bagi tubuh. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa jantung pada manusia terdiri dari empat ruang yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. Jika serambi dalam keadaan yang mengembang maka seluruh darah yang asalnya dari bilik akan masuk pada jantung, sedangkan jika serambi dalam keadaan kuncup maka darah akan keluar dan disalurkan ke seluruh anggota tubuh.

Darah dari tubuh akan masuk kebali ke jantung lewat serambi kanan lalu baru ke bagian bilik kanan. Dari bilik kanan darah akan menuju pada paru paru. Kemudian disaat seperti itu darah akan mengikat oksigen, darah dan juga paru paru akan mengalir lagi pada serambi yang sebelah kiri dan akan masuk ke bilik kiri lalu keluar menuju pada semua anggota tubuh. Sistem peredaran darah yang terjadi pada manusia disebut dengan istilah sistem peredaran darah ganda atau rangkap.

Sistem peredaran darah besar dan kecil

Pada keterangan diatas telah dikatan bahwa sistem peredaran darah yang terjadi pada manusia itu terdiri dari dua macam yaitu sistem peredaran darah besar dan kecil. Sistem peredaran darah besar adalah sistem peredaran yang akan dimulai dari bagian bilik yang kiri pada jantung untuk menuju pada seluruh anggota tubuh lalu akan kembali pada serambi yang bagian kanan pada jantung. Adapun sistem peredaran darah kecil adalah sistem peredaran darah yang akan dimulai dari bagian bilik sebelah kanan pada jantung dan akan menuju pada paru paru yang akhirnya akan kembali lagi pada serambi yang bagian kiri pada jantung.