Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/22/2015

Apa Itu Embrio Dan Enzim

Apa itu embrio dan enzim – Istilah embrio dan enzim adalah dua kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari hari. Terlebih jika anda belajar dan mengambil jurusan ipa atau bagi kalian yang mengambil jurusan biologi ataupun ilmu kebidanan pada perguruan tinggi. Istilah embrio dan juga istilah enzim itu sudah bukan merupakan istilah yang asing, karena kedua istilah tersebut memiliki hubungan yang sangat erat dalam kehidupan kita. 
Kita semua memang sudah sering mendengar kata embrio dan juga enzim, namun sudah tahukah anda apa itu yang dimaksud dengan embrio dan enzim? Sebab meskipun sudah sering mendengar tidak menutup kemungkinan jika pada dasarnya belum mengerti betul apa itu embrio dan enzim.

Apa itu embrio

Guna menjawab pertanyaan diatas tentang apa itu embrio, anda harus membaca artikel yang satu ini. Embrio adalah suatu organisme yang berada pada tahap awal untuk masa perkembangan yang tidak bisa untuk bertahan hidup sendiri. Istilah embrio itu sendiri hanya akan digunakan untuk menunjuk pada eukariota ataupun pada suatu organisme yang multisel. Pembentukan embrio tersebut dimulai saat fertilisasi.

Pengertian dari fertilisasi itu sendiri yaitu sebuah keadaan dimana sel telur dan juga sperma bertemu disatu titik, dan kemudian akan terbentuk zigot. Zigot merupakan sel diploid tunggal, yang diciptakan melalui sebuah proses penggabungan dua sel haploid. Setelah adanya pembuahan, zigot mulai bekerja untuk membagi, dan meletakkan dasar untuk suatu organisme yang telah dewasa dan pada akhirnya akan terlahir. Divisi ini dimulai dari zigot kemudian tumbuh menjadi embrio.

Apa itu enzim

Apa itu enzim? Enzim adalah suatu biomolekul yang berupa protein dan berfungsi untuk katalis yaitu suatu senyawa yang akan mempercepat terjadinya proses reaksi tanpa akan habis untuk bereaksi dalam sebuah reaksi kima organik. Enzim akan bekerja dengan cara melakukan reaksi dengan molekul substrat guna menghasilkan suatu senyawa yang disebut intermediate. Enzim merupakan suatu molekul protein yang sifatnya kompleks, di hasilkan dari sel hidup dan berfungsi untuk katalisator dalam berbagai kegiatan dalam proses kimia yang terjadi di dalam tubuh setiap makhluk hidup. Enzim itu tersusun atas dua buah bagian yang saling berpasang pasangan. Jika ada salah satu pasangan enzim yang di pisahkan, hal ini akan mengakibatkan enzim tersebut menjadi berada dalam suatu kondisi yang tidak aktif. Kedua buah bagian tersebut adalah Apoenzim dan juga Koenzim.
  • Apoenzim merupakan suatu bagian protein yang didapat dari enzim, yang memiliki sifat tidak tahan terhadap panas. Fungsinya yaitu untuk menentukan dalam hal kekhususan dari enzim
  • Koenzim adalah ko-faktor yang berbentuk suatu molekul organik yang kecil dan merupakan bagian dari enzim yang memiliki sifat tahan terhadap panas, koenzim ini mengandung ribose dan juga fosfat.