Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/07/2015

Cara Kerja Ginjal

Cara kerja ginjal - Ginjal adalah bagian dari organ tubuh yang terdapat di dalam tubuh manusia. ginjal bertugas untuk menyaring sisa sisa zat metabolisme yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh dan akan dikeluarkan oleh tubuh berupa cairan air seni. Organ tubuh yang satu ini memiliki bentuk lonjong, jumlahnya ada dua dan ukuranya hampir sama dengan kepalan tangan manusia. 
 
Ginjal terletak di dekat pertengahan punggung, dan lebih tepatnya berada di dalam kerangka tulang rusuk. Ginjal dapat di ibaratkan sebagai sebuah mesin yang begitu canggih. Sebab ginjal adalah bagian organ yang memiki peranan yang sangat vital. Bagaimanakah cara kerja ginjal sesungguhnya? Yuk kita cari tahu jawabannya.

Bagaimana cara kerja ginjal

Bagaimana cara kerja ginjal? Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ginjal merupakan sebuah alat yang paling vital dalam tubuh manusia. Maka dari itu cara kerja ginjal itu sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Oleh sebab itu, jangan pernah menganggap remeh fungsi ginjal meskipun ginjal hanya memiliki ukuran yang kecil, namun ginjal adalah sebuah organ yang begitu penting. Untuk itu, anda harus memahami betul tantang cara kerja ginjal, agar anda bisa mengerti bagaimana pentingnya ginjal bagi tubuh manusia. Salah satu fungsi ginjal dalam tubuh manusia adalah untuk menyaring racun yang terdapat di dalam tubuh. Berikut saya jelaskan tentang cara kerja ginjal secara lebih detail.

Cara kerja ginjal

Cara kerja ginjal dalam tubuh manusia itu diawali dari proses penyaringan darah yang akan dialirkan dari arteri ginjal menuju pada ginjal. Dalam arteri ginjal air dan juga larutan yang ada akan di saring dan sebagian dari larutan yang tidak dapat terfilter kemudian di alirkan lagi ke sebuah sistem sirkulasi dan akan melewati sebuah vena sehingga terjadi sebuah penyaringan. Darah yang ada di dalam tubuh akan menuju sebuah kapiler glomerulus, dalam glomerulus air dan juga zat yang sudah terlarut akan disaring sehingga akan menghasilkan cairan urin primer dan kemudian akan masuk dalam kapsula bowman. Jadi dapat dikatakan jika hampir setiap hari ginjal manusia di lewati darah hampir 350 kali.

Cara kerja ginjal yang ke dua adalah mengatur berjalannya proses penyaringan glomerular yang sering digunakan untuk tes dalam diagnose pada fungsi ginjal. Dalam sebuah filtrar glomeruli tersebut masih terdapat adanya suatu zat yang dapat digunakan untuk dimanfaatkan bagi tubuh manusia. Zat zat tersebut meliputi asam amino, glukosa, garam, air dan zat zat tersebut kemudian akan melalui sebuah tubulus proksimal yang terdapat pada bagian korteks, pada medulla atau lengkung henle sampai pada bagian tubulus distal. Sebetulnya masih banyak lagi cara kerja ginjal yang lainnya, dan mungkin akan saya bahas kembali pada kesempatan kesempatan yang akan dating. Semoga sedikit ilmu di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.