Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/23/2015

Enzim Dan Fungsinya

Enzim dan fungsinya – Enzim adalah istilah atau kata yang sering kita dengar baik dalam lingkungan sekitar rumah, lingkungan kerja, lingkungan sekolah ataupun lingkungan kampus. Ya, istilah enzim memang sudah tidak asing lagi untuk di dengarkan oleh telinga kita, istilah itu seolah olah telah bersarang di telinga. 
Hal ini disebabkan karena Enzim itu sendiri menjadi unsur yang paling penting bagi tubuh pada saat berproses. Sebetulnya enzim itu terdiri atas beberapa macam. Sekarang yang menjadi pertanyaan saya saat ini adalah apakah anda sebetulnya sudah tahu pengertian dari enzim itu sendiri? Takutnya anda justru belum tahu pengertian enzim, meskipun anda sudah sering kali mendengar istilah tersebut. Seperti yang telah saya katakana tadi bahwa enzim itu memiliki banyak macam dan jenis, namun sebelum kita belajar lebih jauh tentang macam macam enzim, saya jelaskan dulu tentang pengertian enzim dan fungsinya.

Pengertian enzim

Dalam ilmu biologi, enzim enzim dibagi atas tiga buah golongan yaitu terdiri dari enzim Protease , enzim karbohidrase, serta enzim esterase. Ketiga buah golongan enzim itu dibagi lagi atas beberapa jenis enzim. Sebelum anda belajar lebih dalam tentang jenis enzim tersebut, saya jelaskan dulu tentang pengertian enzim. Jadi kita lupakan sejenak masalah jenis jenis enzim, jika anda sudah tau pengertian dari enzim itu sendiri baru setelah itu pada artikel yang selanjutnya saya bahas tentang jenis jenis enzim dan hal lain yang berhungan dengan enzim.

Enzim adalah suatu biomolekul protein yang memiliki fungsi utama sebagai alat katalisator atau alat yang digunakan untuk mempercepat dan juga mengoptimalkan sebuah proses dari reaksi yang ada di dalam suatu reaksi dengan sifat kimia. Molekul pertama yang wujud dikenal di sebut dengan istilah substrat dan selanjutnya perubahannya akan dioptimalkan menjadi sebuah molekul yang sifatnya lebih sederhanayang sering disebut dengan istilah produk.

Fungsi enzim

Nah, setelah anda membaca ulasan diatas, sekarang anda sudah tahu kana pa pengertian dari enzim itu? jika anda sudah tahu tentang pengertian enzim, hal yang harus anda ketahui selanjutmnya adalah masalah fungsi enzim. Sudah tahukah anda apa itu fungsi dari enzim? Fungsi enzim adalah sebagai suatu katalis atau istilah lainnya adalah sebuah senyawa yang dapat digunakan untuk mempercepat terjadinya suatu proses reaksi.

Enzim atau sebuah zat yang terpenting ini berfungsi untuk melepaskan sebuah molekul uap air yang terdapat di dalam tubuh, serta pelepasan unsur dan juga zat kimiawi lainnya, seperti melepaskan beberapa jenis molekul molekul, gugus amin dan banyak lagi. Semua itu memiliki tujuan untuk dapat memperlancar sebuah proses pencernaan dan juga metabolisme yang ada pada tubuh. Enzim bisa digunakan untuk mengolah zat zat yang baru masuk kedalam tubuh sehingga terjadi proses lainnya yang berubah. Contohnya pada gula, dengan menggunakan enzim maka rasa manis itu dapat dirasakan. Enzim yang memiliki fungsi sebagai penghancur makanan pada saat dikunyah didalam mulut. Seluruh kinerja yang ada pada organ tubuh makhluk hidup sebetulnya dibantu oleh enzim.