Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/26/2015

Enzim Enzim Pencernaan Dan Fungsinya

Enzim enzim pencernaan dan fungsinya – Sekarang saya akan bicara mengenai enzim pencernaan dan juga fungsinya. Sebelum saya bahas tentang enzim pencernaan sebelumnya saya bahas duku tentang sistem pencernaan. Yang dimaksud dengan sistem pencernaan yaitu sistem organ yang ada di dalam tubuh dan berfungsi untuk mencerna semua bahan makanan yang masuk dengan cara mengkonversi ke dalam bentuk senyawa ataupun molekul molekul yang jauh lebih sederhana agar bisa diserap dengan mudah oleh tubuh.

Sistem pencernaan pada manusia terdiri atas saluran pencernaan dan juga kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan adalah organ organ yang dilewati oleh makanan. Adapun kelenjar pencernaan yaitu bagian yang akan menghasilkan enzim yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan. Saluran pencernaan terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, dan juga usus besar. Sedangkan kelenjar pencernaan terdapat pada dinding lambung, dinding usus, pankreas dan juga hati. Dari kelenjar pencernaan tersebut akan dihasilkan enzim enzim yang dapat membantu proses pencernaan. Nah, enzim enzim tersebutlah yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini dan disertai juga dengan fungsinya.

Enzim enzim pencernaan

Setiap bahan makanan yang kita makan atau yang masuk dalam tubuh itu akan diproses secara kimiawi oleh sistem pencernaan yang ada dalam tubuh. Proses kimiawi ini dilakukan dengan cara menggunakan bahan kimia yaitu enzim. Proses pencernaan secara kimiawi merupakan sebuah proses perubahan yang terjadi pada susunan molekul makanan dengan menggunakan bantuan kerja dari enzim. Enzim enzim yang dipakai selama terjadinya proses pencernaan secara kimiawi itu dihasilkan oleh kelenjar pencernaan.bagian bagian dari kelenjar pencernaan tersebut sudah saya sebutkan di atas. Pertanyaannya sekarang adalah apa saja enzim enzim pencernaan yang telah dihasilkan dari kelenjar pencernaan tersebut? Dan apa saja fungsinya? Anda tidak perlu bingung, sebab pertanyaan tersebut akan saya jawab pada uraian yang ada di bawah ini. Simak terus ya.

Enzim enzim pencernaan dan fungsinya

Enzim enzim pencernaan dan fungsinya, seperti yang telah saya jelaskan tadi bahwa enzim enzim pencernaan atau enzim enzim yang membantu proses pencernaan tersebut dihasilkan dari kelenjar pencernaan. Berikut ini adalah jenis jenis enzim enzim pencernaan dan juga fungsinya : 
  1. Enzim ptialin fungsinya untuk mencerna zat amilium
  2. Enzim pepsin fungsinya untuk memutus ikatan pepton yang ada pada protein 
  3. Enzim renin fungsinya untuk mencerna ptotein yang ada pada susu 
  4. Enzim tripsin fungsinya untuk memutus ikatan peptida 
  5. Enzim enzim amylase fungsinya untuk memecahkan amilum menjadi disakarida 
  6. Enzim disakarida fungsinya untuk memecahkan disakarida menjadi monosakarida 
  7. Enzim lipase fungsinya untuk mencerna seluruh lemak unduk diuraikan menjadi asam lemak dan juga gliserol