Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/28/2015

Enzim Pada Tumbuhan

Enzim pada tumbuhan – Enzim, selain terdapat di dalam tubuh makhluk hidup, enzim juga ada dan terdapat dalam tumbuhan. Sebab tumbuhan itu merupakan bagian dari makhluk hidup yang ada di dunia ini. Tumbuhan adalah jenis makhluk hidup yang menghasilkan metabolit yang sifatnya sekunder dan berfungsi untuk melindungi tumbuhan itu dari serangan musuh seperti serangga, jamur, bakteri, dan juga jenis pathogen yang lainnya. Anda sudah tahu jika tumbuhan itu merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang ada di dunia ini. Dan setiap makhluk hidup tersebut, di dalamnya terdapat enzim enzim. Nah, yang akan saya bahas saat ini adalah enzim yang ada pada tumbuhan. Apa saja enzim pada tumbuhan? Langsung saja yuk kita cari tahu jawabannya.

Enzim tumbuhan

Sebelum dibahas tentang enzim tumbuhan, saya bahas dulu tentang enzim. Enzim adalah suatu zat yang bisa digunakan untuk mempercepat sebuah laju reaksi dan juga ikut beraksi di dalamnya dan pada saat akhir terjadinya proses enzim itu akan melepaskan diri jadi enzim seakan akan tidak ikut campur dalam bereaksi pada sebuah proses tersebut. Enzim juga merupakan suatu reaksi ataupun proses kimia yang berlangsung secara sangat baik di dalam tubuh setiap makhluk hidup hal ini disebabkan karena adanya suatu katalis yang bisa digunakan untuk mempercepat suatu reaksi. Koenzim sangat mudah untuk dipisahkan dengan suatu proses dialisis.

Enzim memiliki sebuah peran yang sangat spesifik dalam urusan untuk menentukan reaksi mana yang akan terlebih dahulu untuk dipacu dibandingkan dengan suatu katalisator anorganik dan pada akhirnya terdapat ribuan reaksi yang telah berlangsung dan tidak dapat menghasilkan suatu produk sampingan yang beracun. Enzim itu sendiri terdiri atas apoenzim dan juga gugus prostetik. Apoenzim merupakan bagian enzim yang telah tersusun atas beberapa protein. Gugus prostetik merupakan bagian dari enzim yang tidak ikut tersusun atas protein. Gugus prostetik itu dikelompokkan atas dua bagian yaitu koenzim yaitu enzim yang tersusun atas bahan organik dan juga kofaktor yaitu enzim yang tersusun atas bahan anorganik. Nah, itu adalah sekilas tentang enzim, selanjutnya saya bahas tentang enzim pada tumbuhan.

Enzim pada tumbuhan

Enzim pada tumbuhan itu meliputi :
  1. Enzim auksin. Enzim ini berfungsi untuk pertumbuhan dan juga penghambatan pertumbuhan tumbuhan, selain itu untuk dormansi, dan juga untuk membantu proses pembentukan bunga dan juga buah serta proses penuaan dan juga pengguguran
  2. Enzim giberelin. Enzim giberelin ini sebuah enzim yang berfungsi untuk merangsang pembelahan sel dan juga merangsang suatu aktivitas pada enzim amylase dan juga proteinase yang memiliki peran di dalam suatu perkecambahan. Giberelin juga berfungsi untuk merangsang pembentukan tunas, dan menghilangkan dormansi biji, serta merangsang proses pertumbuhan pada buah secara parthenogenesis. 
  3. Enzim sitokinin enzim sitokinin bisa ditemukan dalam jaringan yang membelah. Sitokinin yang pertama kali adalah jenis kinetin. Sitokinin yang ada pada Zea mays merupakan sitokinin zeatin. Fungsi dari sitokinin adalah untuk merangsang pembelahan sel, dan juga merangsang pembentukan tunas di batang ataupun di dalam kalus, serta menghambat efek dominansi apikal, selain itu juga untuk mempercepat pertumbuhan memanjang 
  4. Enzim Asam absisat. Tidak seluruh jenis hormon itu dapat berfungsi untuk memacu proses pertumbuhan, karena ada juga hormone yang menghambat proses pertumbuhan, salah satunya yaitu asam absisat. Fungsi dari asam absisat adalah untuk menghambat proses pembelahan dan pemanjangan pada sel, selain itu juga untuk menunda pertumbuhan atau disebut juga dormansi. 
  5. Enzim etilen