Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/01/2015

Jenis Penyakit Hati Dalam Islam

Jenis penyakit hati dalam islam – Pada kehidupan manusia hati memiliki peranan yang begitu penting, sebab baik buruknya segala amalan yang telah dilakukan oleh setiap seorang atau setiap hamba itu sangat dipengaruhi oleh yang namanya hati. Maka dari itu apabila hati orang tersebut baik maka akan baik pula akhlak yang dimilikinya, dan begitu juga sebaliknya jika hati seseorang itu buruk maka sudah barang pasti jika akhlak dari orang tersebut pun ikut buruk.

Dari uraian tersebut diatas maka sudah sepantasnya jika kita diperintah untuk selalu menjaga hati supaya hati kita tetap dalam keadaan yang bersih dan juga sehat sebagaimana saat kita sedang berupaya dalam menjaga kebersihan fisik kita. Kenapa hati harus selalu dijaga kebersihan dan juga kesehatannya? Karena hati juga dapat saja terserang berbagai jenis penyakit hati. Lalu apa saja yang termasuk jenis penyakit hati dalam islam? Semua akan saya jawab pada uraian yang ada di bawah ini.

Jenis penyakit hati

Jenis penyakit hati itu sangatlah banyak macamnya, maka dari itu kita semua dihimbau untuk mengetahui jenis dari penyakit hati itu sendiri. Karena jika kita tidak mengetahui macam dan jenis penyakit hati tersebut, maka tidak menutup kemungkinan jika hati kita dapat terserang jenis penyakit tersebut. Pada kesempatan yang satu ini, saya tidak akan membahas tentang jenis penyakit hati menurut ilmu kesehatan, melainkan yang akan saya bahas saat ini adalah tentang jenis penyakit hati dalam islam. Apa saja jenis penyakit hati dalam islam? Pertanyaan tersebut akan segera saya jawab melalui sedikit penjelasan yang ada pada uraian di bawah ini.

Jenis penyakit hati dalam islam

Pada uraian atau penjelasan diatas, telah jelas di sebutkan bahwa hati merupakan cerminan diri seseorang, jika hati seseorang baik maka baik pula akhlak yang dimiliki oleh orang tersebut, dan begitu pula sebaliknya jika hati seseorang itu buruk maka buruk pula akhlak yang dimiliki oleh orang itu. maka dari itu diatas sudah dikatakan jika kita semua dihimbau untuk mengetahui jenis penyakit hati terutama jenis penyakit hati dalam islam, hal ini dikarenakan agar kita semua dapat terhindar dari yang namanya penyakit hati, sebab penyakit hati sangatlah berbahaya baik untuk diri kita maupun untuk orang orang yang ada di sekitar kita. Syirik adalah salah satu jenis penyakit hati dalam islam yang paling berbahaya. 

Pengertian syirik itu sendiri adalah menyekutukan allah. Syirik merupakan salah satu perbuatan yang dosa nya paling besar. Hal ini dijelaskan dari pertanyaan Ibnu Mas’ud ra kepada Rosulullah saw : wahai Rosulullah, dosa apakah yang paling besar? Maka beliau menjawab dosa yang paling besar yaitu engkau menyekutukan Allah, padahal Dialah yang telah menciptakanmu ( H.R Bukhari dan Muslim ). Maka dari itu kita harus menjaga hati kita agar tidak menyekutukan Allah, karena jika kita melakukan perbuatan syirik tersebut hal itu dapat dengan mudah mematikan hati yang kita miliki. Selain syirik ada juga jenis penyakit hati yang lainnya menurut islam diantaranya adalah sombong, ria, dengki atau iri hati, dan lain lain.