Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/31/2015

Pengertian Embrio Dan Embriologi

Pengertian embrio dan embriologi – sudah pernahkah anda mendengar istilah embrio atau embriologi? Saya yakin, pada saat anda belajar disekolah anda mendapatkan pelajaran biologi atau ipa. Nah, pada pelajaran biologi ataupun pelajaran ipa pasti pernah disebut istilah embrio atau embriologi, sebab embrio atau embriologi itu ada berkaitan dengan masalah makhluk hidup. Dan makhluk hidup adalah salah satu kajian yang dipelajari dalam ilmu biologi ataupun ipa. Jadi saya yakin, meskipun mungkin hanya sekali dua kali pasti anda pernah mendengar istilah tersebut. Tahukah anda pengertian dari embrio atau embriologi? Pada kesempatan kali ini saya akan bahas tentang pengertian embrio atau embriologi. Yuk kita simak sama sama penjelasannya.

Pengertian embrio

Pengertian embrio yaitu suatu organisme yang ada pada tahap awal perkembangan dan tidak mampu untuk mempertahankan hidupnya sendiri. Definisi yang lebih tepat dari embrio itu ada bermacam macam, seperti pada manusia, sel telur yang telah dibuahi sudah dapat dianggap atau diartikan sebagai embrio sampai pada sekitar minggu yang kedelapan pada kehamilan, di mana pada titik setelah itu embrio tersebut akan disebut sebagai janin. Embrio pada hewan atau binatang biasanya menunjuk pada setiap tahap dari perkembangan sebelum proses kelahiran. Embrio pada tanaman bisa diambil dari sejumlah bentuk yang jauh berbeda, meskipun embrio pada tumbuhan biasanya terbungkus rapi di dalam biji.

Dalam artian yang sesungguhnya, sebetulnya istilah embrio itu hanya dapat digunakan sebagai sebuah rujukan pada eukariota atau yang biasanya di sebut dengan istilah organisme multisel. Pada biasanya, orang orang akan menggunakan istilah yang lebih khusus untuk menyebutkan eukariota diploid, yang hanya memiliki satu set yang lengkap berupa materi genetik diperoleh dari dua donor. Materi genetik tersebut mengambil dari bentuk sperma haploid dan sel telur. sel sperma haploid hanya akan berisi setengah set dari kromosom, dalam hal ini berarti jika ia tidak bisa untuk berkembang jadi sesuatu kecuali harus dikombinasikan dengan jenis satu sama lainnya. Pembentukan dari embrio itu terjadi pada saat fertilisasi yaitu sel telur dan juga sperma bertemu, lalu akan membentuk zigot.

pengertian embriologi

Pengertian embriologi juga disebut sebagai anatomi dari proses perkembangan atau developmental anatomy. Pengertian yang sesungguhnya dari embriologi yaitu spesialisasi secara medis yang memiliki kaitan dengan sebuah studi tentang suatu pertumbuhan dan juga perkembangan dari embrio dan juga janin selama terjadi proses kehamilan. Dalam hal ini berarti dari proses pembuahan pada sel telur sampai terjadinya proses kelahiran.

Embriologi juga diartikan sebagai ilmu tentang embrio. Embrio itu sendiri ialah makhluk yang sedang berada dalam sebuah proses tingkat pertumbuhan di dalam kandungan. Kandungan yang dimaksud disini itu bisa berarti dalam tubuh induk atau dalam sebuah rahim dan bisa juga berarti di luar tubuh induk atau dalam telur. Pertumbuhan disini, ialah sebuah proses perubahan bentuk sederhana menjadi bentuk yang kompleks. Makhluk yang pada awalnya terbentuk dari satu sel dan menggantungkan hidupnya pada parent berkembang menjadi makhluk yang memiliki banyak sel dan tersusun atas berbagai jenis jaringan serta alat yang kompleks, dan juga bisa untuk berdiri sendiri serta sanggup untuk bereproduksi. Jadi yang dimaksud dengan embriologi adalah salah satu cabang dari ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang ilmu perkembangan embrio atau janin.