Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/09/2015

Planet Planet Tata Surya

Planet planet tata surya - Sistem tata surya adalah suatu perkumpulan dari benda langit yang terdiri atas satu buah bintang yang disebut dengan matahari dan juga segala macam bentuk objek yang ikut terikat pada sebuah gaya gravitasi. Semua objek objek itu terdiri dari delapan planet yang telah diketahui dengan orbitnya, planet itu berbentuk elips, ada lima buah planet kerdil atau planet katai, ada 173 satelit alam dan telah di identifikasi dan juga jutaan benda yang ada di langit lainnya, misalnya adalah meteor, komet, dan juga asteroid.

Planet planet yang termasuk anggota tata surya ini ikut berevolusi atau bergerak dalam mengililingi matahari, pada sebuah garis yang telah melalui orbitnya masing masing dengan berpusat pada matahari, sebab matahari merupakan pusat dari tata surya. Planet planet dalam tata surya ini pun akan berotasi pada saat berevolusi. Berotasi adalah suatu kegiatan berputar pada porosnya. Pada umumnya, setiap masing masing planet tersebut telah memiliki pengiring yang ikut bergerak dalam mengitari planet. Pengiring itu disebut sebagai satelit alam. Lalu apa saja planet planet tata surya yang di maksud tersebut diatas? Mari kita cari tahu jawabannya bersama sama.

Planet tata surya

Planet tata surya berjumlah delapan buah. Tata surya itu sendiri diduga terbentuk pada 4,6 milyar tahun yang telah lalu hingga saat ini. Sampai pada saat sekarang beberapa pendapat yang telah dianut yaitu bahwa semua obyek dalam tata surya, materi yang digunakan dalam pembentukan planet berkondensasi dan juga temperaturnya menurun. Dibutuhkan beberapa juta tahun untuk tercapai suatu keadaan seperti yang sudah di amati pada saat sekarang. Planet yang termasuk dalam anggota tata surya ini berjumlah delapan. Ketentuan tersebut telah ditetapkan pada tahun 2006 yang lalu. Apa saja delapan buah planet planet tata surya tersebut? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

Planet planet tata surya

Pada penjelasan diatas telah saya sebutkan bahwa sejak tahun 2006 yang lalu telah ditetapkan jumlah planet yang termasuk anggota tata surya itu berjumlah delapan. Berikut adalah delapan nama planet planet tata surya :
  1. Merkurius. Planet Merkurius merupakan salah satu planet yang paling kecil dan planet ini merupakan planet yang letaknya paling dekat dengan matahari.
  2. Venus. Planet Venus adalah salah satu planet yang paling terang urutan yang ketiga yang ada di langit setelah matahari dan juga bulan. Planet venus di sebut planet kembar dengan matahari hal ini disebabkan karena planet venus memiliki ukuran yang hampir sama dengan bumi. 
  3. Bumi. Planet bumi merupakan sebuah planet yang dijadikan sebagai tempat tinggal bagi makhluk hidup. Bumi merupakan satu satunya planet yang berpenghuni.
  4. Mars. Planet mars memiliki warna merah darah. 
  5. Jupiter. Planet Jupiter merupakan planet terbesar karena memiliki 16 buah satelit. 
  6. Saturnus. Planet saturnus adalah jenis planet tercantik, sebab planet saturnus memiliki saturnus yang simetris. 
  7. Uranus. Planet yang memiliki cincin yang sangat tipis sehingga cincinnya sangatlah sulit untuk diamati. 
  8. Neputunus. Planet yang disebut sebagai planet pengganggu Uranus.