Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/08/2015

Teori Sejarah Terbentuknya Tata Surya

Teori sejarah terbentuknya tata surya – Sistem matahari atau yang lebih di kenal dengan sistem tata surya dalam istilah bahasa Inggris disebut dengan solar sistem. Sistem matahari tersebut merupakan sebuah sistem yang terdapat di atas jagat raya ini dan terdiri atas satu buah matahari sebagai satu pusatnya, planet planet yang di dalamnya termasuk bumi, satelit satelit seperti bulan, meteor, komet, kabut, debu, asteroid, dan benda benda yang lainnya sebagai anggota tata surya yang telah beredar untuk mengelilingi pusatnya yaitu matahari, mereka mengelilingi pada orbit atau garis edarnya masing masing.

Dari benda benda yang termasuk anggota tata surya tersebut, ada satu buah benda atau anggota yang dapat memancarkan cahayanya sendiri, benda tersebut yaitu matahari adapun benda benda yang lainnya hanya dapat memantulkan cahaya nya saja. Itu adalah pengertian dari tata surya atau sistem matahari. Jika anda sudah tahu tentang pengertian matahari lalu sudah tahukah anda bagaimana teori sejarah terbentuknya tata surya tersebut?

Sejarah tata surya

Sejarah tata surya berawal dari terbentuknya teori teori yang terlahir karena adanya rasa keingintahuan terhadap suatu kejadian ataupun suatu keadaan. Hal yang paling utama yang harus dihadapi guna mendapatkan ilmu yang lebih jauh tentang tata surya yaitu bagaimana tata surya itu dapat terbentuk, bagaimana teori terbentuknya tata surya, bagaimana objek objek yang terdapat pada tata surya itu bisa bergerak dan juga berinteraksi serta mengeluarkan gaya yang bekerja dan mengatur segala macam gerakan gerakan tersebut. Sebelum anda mengetahui tentang teori terbentuknya tata surya tersebut, satu hal yang harus anda ketahui lebih dulu adalah bahwa jauh sebelum masehi, telah di lakukan berbagai pengamatan, penelitian, dan juga perhitungan yang telah dilakukan guna mengetahui segala rahasia dibalik tata surya, termasuk di dalamnya adalah tentang teori terbentuknya tata surya.

Teori terbentuknya tata surya

Teori pasang surut adalah salah satu diantara beberapa jumlah teori yang ada. Teori pasang surut atau teori yang menjelaskan tentang terjadinya tata surya ini dikemukakan oleh seorang ahli yang bernama sir james jeans dan juga harold jeffreys. Menurut teori terbentuknya tata surya yang satu ini di jelaskan bahwa planet planet yang termasuk dalam anggota tata surya itu terbentuk secara langsung oleh suatu gas yang berasal asli dari matahari yang telah tertarik oleh bintang yang melintas di daerah sekitarnya atau yang berada di dekatnya.

Pada saat bintang melintas dan berada dekat dengan matahari bagian dari pada matahari tersebut akan mengalami sebuah pasang dan gas pada matahari itu secara langsung akan terlepas dan menyerupai sebuah cerutu yang mementang ke sebuah bintang. Bintang bintang tersebut akan menjauh dari matahari dan masa dari cerutu itu akan terputus untuk membentuk suatu gumpalan gas yang ada di sekitar matahari dan kemudian hasil dari kejadian tersebut di sebut planet.