Seputarpendidikan003.blogspot.com

9/02/2015

Bagian Bagian Enzim Dan Bayi Tabung

Bagian bagian enzim dan bayi tabung – Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang enzim dan juga bayi tabung. Anda pasti pernah mendengar istilah enzim dan juga bayi tabung. Ke dua istilah tersebut erat hubungan nya dengan kehidupan kita. Enzim adalah suatu zat yang memiliki fungsi sangat penting di dalam tubuh setiap makhluk hidup.

istilah bayi tabung itu sendiri sering kali kita dengar pada pasangan suami istri yang sulit untuk memiliki anak, dan akhirnya banyak yang memilih jalan bayi tabung. Apa itu bayi tabung? Sebelum saya bahas tentang bayi tabung. Ada sebuah pertanyaan, sudah tahukah anda jika enzim yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup itu ada bagian bagiannya? Apa sajakah bagian bagian enzim tersebut? Nah, kedua masalah tersebut diatas akan saya jelaskan pada uraian yang ada di bawah ini.

Bagian bagian enzim

Enzim adalah sebuah protein yang ikut serta berperan sebagai salah satu katalis yang ada di dalam metabolisme setiap jenis makhluk hidup. Enzim itu sendiri akan berperan untuk bisa digunakan dalam proses mempercepat suatu kejadian reaksi kimia yang sering terjadi dalam tubuh setiap makhluk hidup. Adapun bagian bagian enzim itu sendiri ada dua bagian yaitu bagian enzim apoenzim dan juga bagian koenzim.

Bagian apoenzim yaitu sebuah bagian dari protein enzim, yang bersifat tidak tahan terhadap panas, dan fungsinya adalah untuk menentukan kekhususan dari pada enzim. Contohnya adalah, dari substrat yang memiliki jenis sama bisa dirubah menjadi senyawa yang sifatnya berlainan, hal ini tergantung dari enzimnya.

Koenzim disebut juga dengan istilah gugus prostetik dan bagian koenzim terikat erat dengan bagian apoenzim. Namun di sini, bagian dari koenzim tidak terlalu erat dan akan sangat mudah untuk dipisahkan dari bagian apoenzim. Koenzim memilki sifat termostabil yaitu tahan dengan panas, dan mengandung ribose serta fosfat. Fungsi dari koenzim adalah untuk menentukan sifat dari sebuah reaksi. Contohnya, jika pada koenzim NADP atau Nicotiamida Adenin Denukleotid Phosfat maka sebuah reaksi yang terjadi yaitu dehidrogenase. Dalam hal ini NADP memiliki fungsi sebagai suatu akseptor hydrogen.

Bayi tabung

Pasangan suami istri yang telah menikah dan dalam waktu yang cukup lama belum bisa untuk mendapatkan anak atau keturunan, maka banyak yang menjadikan bayi tabung sebagai suatu solusi untuk menghadapi permasalahan tersebut. Program pembuahan yang terjadi di dalam tabung ini memang akan membawakan banyak harapan untuk mereka pasangan suami istri yang mengalami permasalahan dalam kesuburan. Akan tetapi tidak semua pasangan atau orang yang paham tentang masalah bayi tabung ini.

Bayi tabung disebut juga dengan istilah pembuahan in vitro. Dalam bahasa inggris istilah in vitro fertilization ini merupakan sebuah teknik untuk proses pembuahan dimana di sini sel telur dari wanita akan dibuahi di luar dari tubuh wanita itu sendiri. Bayi tabung itu merupakan salah satu metode yang banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan tentang kesuburan pada saat metode yang lainnya tidak berhasil. Proses bayi tabung ini terdiri dari pengendalian proses sel telur atau ovulasi secara hormonal, yaitu pemindahan sel telur dari ovarium wanita untuk bisa dibuahi oleh sel sperma dalam sebuah alat atau tabung yang bernama medium cair.

Jadi secara lebih sederhananya, bayi tabung itu dapat diartikan sebagai salah satu proses pembuahan dari sel telur dan juga sperma di luar tubuh seorang wanita. Menurut bahasa Latin bayi tabung tersebut dikenal dengan sebutan in vitro vertilization, yang artinya adalah sebuah pembuahan yang terjadi di dalam tabung atau gelas. Sehingga hal ini sering disebut dengan istilah bayi tabung.