Seputarpendidikan003.blogspot.com

9/17/2015

Pengertian, Penyebab Dan Dampak Global Warming

Pengertian, penyebab dan dampak global warming - Global warming atau yang dikenal juga dengan istilah pemanasan global itu adalah hal yang sering sekali untuk diperbincangakan pada akhir akhir ini dan peristiwa itu sudah menjadi topik pembicaraan yang sedang trendi diberbagai penjuru belahan dunia. Sehingga banyak orang yang sudah tak asing lagi dengan istilah pemanasan global atau global warming tersebut.

Gobal warming tersebut memiliki dampak yang buruk untuk kehidupan yang ada di dunia ini, baik untuk manusia, untuk tumbuh tumbuhan ataupun untuk hewan. Jika ditinjau secara sederhana maksud dari global warming yaitu naiknya suhu rata rata yang terjadi diatas permukaan bumi baik itu didarat, di laut, maupun di udara hal ini mengakibatkan suhu pada bumi semakin lama akan menjadi semakin panas.postingan artikel kali ini akan membahas tentang pengertian, penyebab dan juga dampak dari adanya global warming atau pemanasan global.

Pengertian global warming

Jika diatas sudah saya jelaskan tentang pengertian global warming atau pemanasan global secara sederhana. Sekarang saya jelaskan tentang pengertian global warming menurut para ahli yang sudah terbentuk dalam suatu organisasi, diantaranya adalah :
  • Asosiasi Energi Matahari New Mexico, Amerika Serikat.organisasi tersebut menerangkan pengertian global warming adalah adanya peningkatan suhu udara ataupun temperatur rata rata diatas permukaan bumi yang merupakan dampak dari efek rumah kaca.
  • Agen Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat. menerangkan bahwa pengertian global warming adalah suatu peningkatan suhu rata rata di atas permukaan bumi, baik yang sudah berlalu ataupun yang sedang terjadi saat ini.
  • Natural Resources Defense Council. menerangkan bahwa pengertian global warming yaitu peristiwa krisis pada lingkungan dan juga kemanusiaan yang terbesar dan telah terjadi pada saat ini. Dimana atmosfer pada bumi sangat panas yang disebabkan karena terperangkap oleh karbondioksida yang dapat mengancam terjadinya perubahan iklim serta dapat untuk menimbulkan berbagai bencana di bumi.

Penyebab dan dampak global warming

Jika diatas sudah saya jelaskan tentang pengertian global warming, sekarang saya jelaskan tentang penyebab dan dampak global warming. Global warming terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah :
  • Adanya pemborosan terhadap pemakaian listrik, dapat mengakibatkan terjadinya global warming atau pemanasan global
  • Banyaknya pemakaian bahan bakar fosil atau minyak bumi, penggunaan bahan bakar fosil atau minyak bumi secara tidak langsung dapat mengakibatkan terjadinya global warming dan selain itu juga dapat menimbulkan terjadinya pencemaran udara 
  • Banyaknya pabrik pabrik yang mengeluarkan banyak asap sehingga merugikan eksitensi pada bumi dan dapat menyebabkan terjadinya global warming 
  • Banyaknya model rumah kaca yang dibuat diatas permukaan bumi. Seperti yang kita ketahui bersama jika salah satu factor utama penyebab terjadinya global warming adalah banyaknya rumah kaca yang dibuat diatas permukaan bumi
Global warming yang terjadi pada akhir akhir ini, dapat memberikan dampak yang cukup serius untuk kehidupan di dunia ini. Dampak global warming tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Terjadinya peningkatan suhu udara di permukaan bumi yang semaki lama semakin naik
  • Terjadinya peningkatan permukaan air laut 
  • Intensitas terjadi badai angin topan semakin meningkat 
  • Terjadinya kekeringan di seluruh penjuru dunia 
  • Banyak bermunculan berbagai jenis penyakit