Seputarpendidikan003.blogspot.com

9/06/2015

Perkembangan Embrio Pada Manusia

Perkembangan embrio pada manusia - Jika pada postingan postingan yang sebelumnya telah saya jelaskan tentang pengertian embrio, maka kali ini akan saya jelaskan tentang perkembangan embrio yang terjadi pada manusia. Kita semua telah mengetahui jika pertumbuhan dan perkembangan itu saling berhubungan satu sama lainnya. 
 
Pertumbuhan itu merupakan sebuah penambahan yang terjadi pada sel sel dan juga pada bobot tubuh yang sifatnya irreversible. Sedangkan perkembangan itu merupakan suatu pertumbuhan yang ikut disertai dengan suatu organogenesis dan juga diferensiasi struktur serta fungsi. Jika anda sudah tahu masalah itu, langsung saja yuk kita bahas masalah tentang perkembangan emrio pada manusia.

perkembangan embrio

Awal perkembangan manusia itu diawali dari adanya peristiwa yaitu pertemuan atau peleburan dari sel sperma dengan sel ovum atau sel telur sehingga terjadi pembuahan didalam rahim peristiwa peristiwa ini disebut dengan FERTILISASI. Fertilisasi menghasilkan sel individu yang baru dan biasanya disebut dengan istilah zygote. Kemudian zigot itu akan melakukan suatu pembelahan diri atau pembelahan sel untuk menuju suatu pertumbuhan dan perkembangan sehingga akan menjadi embrio. Perkembangan embrio itu sendiri meliputi tiga buah tahapan atau fase. Fase tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Fase morula. Fase morula ini adalah fase dimana terjadi suatu bentukan sel yang menyerupai bentuk bola yaitu bulat, ini adalah hasil dari adanya pembelahan sel secara terus menerus. Keberadaan antara sel yang satu dengan sel yang lainnya itu sangat rapat. Kejadian ini disebut morulasi.
  2. Fase blastula. Fase blastula ini adalah fase dimana terjadi pembentukan yang lebih lanjut dari fase morula. Pada fase ini sel akan terus menjalani pembelahan. Bentuk dari blastula ini dapat ditandai dari adanya perubahan sel. Perubahan itu akan mengadakan pelekukan pada sel yang sangat tidak beraturan. Di dalam fase blastula ini terdapat suatu cairan sel yang biasanya disebut dengan istilah blastosoel. Adapun proses dari blastula ini disebut dengan istilah blastulasi. 
  3. Fase gastrula. Fase gastrula ini adalah fase dimana terjadi proses pembentukan yang lebih lanjut dari fase blastula. Pada fase ini pelekukan tubuh embrio sudah terlihat semakin nyata dan juga sudah memiliki lapisan dinding pada tubuh embrio serta sudah memiliki rongga tubuh.

Perkembangan embrio pada manusia

Perkembangan embrio pada manusia juga meliputi 3 buah tahapan yaitu Pre embrionik, Embrionik, dan fetus.
  1. Tahap pre embrionik, tahapan ini sama dengan fase morula yaitu proses terjadinya pembelahan sel didalam rahim setelah terjadinya pembuahan pada sel telur atau sel ovum.
  2. Tahap embrionik, tahapan dimana pembelahan sel tersebut akan terus mengalami perkembangan yang lebih sempurna sehingga tidak lagi disebut dengan istilah zigot, melainkan disebut dengan istilah embrio. Tahap ini sama dengan fase blastula yaitu perkembangan yang lebih lanjut dari pembelahan sel 
  3. Tahap fetus, tahap dimana embrio sudah terlihat jelas menyerupai manusia, tahap ini adalah tahap perkembangan yang akan terus berlangsung hingga terjadinya proses kelahiran.