Seputarpendidikan003.blogspot.com

10/12/2015

Ciri-Ciri Khusus Hewan Dan Tumbuhan

Ciri-ciri khusus hewan dan tumbuhan – Postingan artikel saya kali ini, masih akan membahas tentang pelajaran biologi. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu kajian ilmu biologi adalah tentang makhluk hidup. Nah, yang akan saya bahas pada kesempatan ini adalah tentang hewan dan juga tumbuhan khususnya tentang ciri ciri khusus yang dimiliki oleh hewan dan juga tumbuhan.

Ciri khusus yang dimiliki oleh hewan dan juga tumbuhan itu sebetulnya adalah untuk memudahkan para manusia dalam mempelajari masalah hewan dan juga tumbuhan. Dengan adanya ciri khusus yang dimiliki oleh hewan dan juga tumbuhan tersebut, maka hal ini akan dapat memudahkan anda untuk membedakan antara hewan yang satu dengan yang lainnya begitu pula dengan tumbuhan. Nah, untuk lebih jelasnya dapat anda simak pada uraian berikut ini.

Ciri khusus hewan

Kita semua telah mengetahui, bahwa di dunia ini hidup berbagai macam jenis hewan mulai dari yang kecil sampai yang paling besar. Nah, dapat anda bayangkan betapa sulitnya untuk membedakan antara hewan yang satu dengan yang lainnya jika anda tidak mengetahui ciri khusus yang dimiliki oleh hewan tersebut, mengingat jumlah dari pada hewan yang hidup di dunia ini ada banyak sekali. Untuk itu, pada kesempatan ini saya jelaskan tentang ciri khusus hewan. Berikut adalah beberapa ciri khusus yang dimiliki oleh hewan hewan tertentu, diantaranya adalah :
  1. Hewan elang. Hewan elang memiliki ciri khusus yaitu mempunyai penglihatan yang tajam sehingga bisa mendeteksi keberadaan mangsa meskipun jaraknya masih sangat jauh.
  2. Hewan landak. Hewan landak memiliki ciri khusus yaitu memiliki duri duri pada bagian tubuhnya, sehingga dapat digunakan untuk melindungi dirinya dari serangan musuh. 
  3. Hewan kanguru. Hewan kanguru memiliki ciri khusus yaitu menyimpan anaknya di dalam kantong yang terdapat pada bagian dada atau bagian depan perut. 
  4. Hewan unta. Hewan unta memiliki ciri khusus yaitu memiliki punuk pada bagian belakang yang bisa digunakan untuk menyimpan air sebagai cadangan pada saat terjadi musim kemarau. 
  5. Hewan walang sangit. Hewan walang sangit memiliki ciri khusus yaitu memiliki bau yang sangat menyengat dan bau dari hewan walang sangit ini sangat khas dan tidak dimiliki oleh hewan jenis yang lainnya.

Ciri khusus tumbuhan

Diatas sudah saya berikan beberapa contoh hewan dengan ciri khususnya. Tahukah anda jika sebetulnya bukan hanya hewan saja yang memiliki ciri khusus, namun tumbuhan juga memiliki ciri khusus. Jika diatas sudah ada ciri khusus hewan, maka selanjutnya adalah ciri khusus tumbuhan. Diantaranya adalah :
  1. Tumbuhan kaktus. Tumbuhan kaktus memiliki ciri khusus yaitu pada bagian tubuhnya terdapat duri duri kecil yang berfungsi sebagai daun. Memiliki batang yang tebal dan menyerupai sebuah gabus.
  2. Tumbuhan teratai. Tumbuhan teratai memiliki ciri khusus yaitu memiliki daun yang lebar dan bagian batangnya memiliki rongga sehingga dapat mengapun diatas air. 
  3. Tumbuhan putri malu. Tumbuhan putrid malu, memiliki ciri khusus yaitu apabila disentuh maka daun daun tersebut akan menutup dan pada bagian batangnya terdapat duri duri kecil yang dapat melindungi dirinya dari musuh.