Seputarpendidikan003.blogspot.com

10/10/2015

Reaksi Kimia Fotosintesis

Reaksi kimia fotosintesis – Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar masalah fotosintesis. Pada umumnya proses fotosintesis terjadi pada organ tumbuhan bagian daun. Hal ini disebabkan karena dalam daun sebuah tumbuhan terdapat suatu pigmen klorofil yang mana pigmen tersebut merupakan satu dari beberapa komponen yang penting pada kegiatan fotosintesis.

Klorofil terdapat pada sebuah jaringan palisade. Yang perlu anda ketahui disini adalah bahwa tidak semua jenis tumbuhan mengandung klorofil. Dalam proses fotosintesis terdapat sebuah reaksi kimia. Nah, reaksi kimia fotosintesis itulah yang akan saya bahas secara lebih rinci pada postingan kali ini.

Pengertian reaksi kimia fotosintesis

Pengertian reaksi kimia fotosintesis adalah sebuah proses yang akan merubah sebuah energi cahaya menjadi sebuah energi kimia dan akan menyimpannya pada suatu ikatan senyawa gula. Proses dari fotosintesis itu akan terjadi pada semua jenis tanaman dan juga beberapa jenis tanaman ganggang atau kingdom protista.

Tanaman sangat membutuhkan energi cahaya, zat CO2, dan juga H2O guna membuat suatu senyawa gula. Proses dari fotosintesis tersebut akan terjadi pada sebuah tempat yang bernama kloroplas, dalam kegiatan ini khusus dengan menggunakan zat klorofil, yaitu berupa sebuah pigmen dari hijau daun yang ikut terlibat pada saat terjadinya proses fotosintesis.berikut akan saya jelaskan tentang reaksi kimia fotosintesis.

Reaksi kimia fotosintesis

Jika dilihat secara keseluruhan sebetulnya reaksi kimia fotosintesis, melibatkan beberapa senyawa di dalamnya. Berikut adalah senyawa senyawa yang terlibat pada proses fotosintesis :
  • CO2
  • Suhu 
  • Energi cahaya 
  • Air 
  • O2 
  • Hara
Hasil dari reaksi kimia fotosintesis itu merupakan sumber dari O2 yang dapat kita hirup, jadi dengan demikian, reaksi kimia itu merupakan sebuah faktor yang signifikan dalam hal ini ke khawatiran tentang terjadinya deforestasi pada hutan akan dapat .Ada dua reaksi kimia dalam fotosintesis yaitu reaksi gelap dan juga reaksi terang.

Reaksi terang merupakan sebuah reaksi yang dalam prosesnya memerlukan adanya cahaya. reaksi terang terjadi pada grana atau kloroplas. Reaksi terang juga sering disebut dengan istilah fotolisis air sebab dalam reaksi terang terjadi proses pemecahan molekul air yang berubah menjadi O dan juga H. O akan segera dilepaskan dalam bentuk sebuah oksigen adapun H digunakan oleh sebuah tumbuhan. pemecahan air pada reaksi terang akan menghasilkan suatu elektron atau eksitasi yang dapat digunakan untuk proses pembentukan energi yaitu ATP dan juga NADPH.

Reaksi gelap adalah suatu reaksi yang tidak memerlukan adanya cahaya dan bisa terjadi pada stroma atau kloroplas. Reaksi gelap adalah sebuah reaksi yang membentuk suatu karbohidarat dengan menggunakan zat CO2. Reaksi gelap adalah tindak lanjut dari adanya reaksi terang dalam fotosintesis. Energi yang telah terbentuk dari reaksi terang, akan digunakan untuk proses reaksi gelap ini. sehingga akan membentuk amilum atau karbohidrat dengan suatu rumus kimia C6H12O6. Jadi, secara ringkasnya kedua reaksi itu dapat ditulis sebagai berikut : 6H2O + 6CO2 menjadi C6H12O6 + O2.