Seputarpendidikan003.blogspot.com

10/16/2015

Tumbuhan Dan Hewan Langka Di Indonesia

Tumbuhan dan hewan langka di Indonesia – Jika kita berbicara masalah tumbuhan dan juga hewan yang hidup di dunia ini, pastinya kita semua sudah mengetahui jika di dunia ini terdapat ribuan bahkan jutaan jumlah tumbuhan dan juga hewan. Dari sekian banyak jumlah tumbuhan dan juga hewan yang hidup di dunia ini ada beberapa hewan yang di golongkan ke dalam jenis tumbuhan dan juga hewan langka.

Tumbuhan dan juga hewan yang masuk ke dalam jenis tumbuhan dan hewan langka itu disebabkan karena jumlah populasinya yang hanya sedikit, maka dari itu tumbuhan dan juga hewan yang dimaksud di masukan ke dalam jenis yang langka. Sehubungan dengan hal yang telah saya bahas tadi, mungkin muncul pertanyaan dalam benak anda seputar masalah tumbuhan dan juga hewan langka, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan mengulas materi seputar tumbuhan dan hewan langka di Indonesia.

Tumbuhan langka di Indonesia

Sudah saya tegaskan diatas, jika pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tumbuhan dan hewan langka yang ada di Indonesia. Untuk yang pertama saya akan bahas dulu tentang tumbuhan langka di Indonesia. Berikut adalah beberapa contoh tumbuhan langka yang ada di Indonesia : 
  1. Tumbuhan rafflesia. Tumbuhan rafflesia adalah tumbuhan yang masuk dalam jenis tumbuhan bunga. Tumbuhan ini hidup di daerah Bengkulu. Jenis tumbuhan dengan ukuran diameter bunga hampir 1 meter. Tumbuhan rafflesia dikenal dengan bunga bangkai sebab bisa mengeluarkan bau yang sangat menyengat seperti bau busuk. Tumbuhan ini masuk dalam jenis tumbuhan langka sebab pada saat ini populasinya sudah sangat memprihatinkan karena jumlahnya mengalami penurunan yang sangat drastic dari tahun ke tahun.
  2. Tumbuhan kantong semar. Karena jumlah populasinya yang sudah mulai sedikit maka dari itu tumbuhan kantong semar dimasukan ke dalam jenis tumbuhan yang langka. Tumbuhan kantong semar ini memiliki ciri ciri memiliki kantong yang biasanya ia gunakan untuk menangkap serangan mangsa. 
  3. Tumbuhan dammar. Tumbuhan dammar yang berasal dari daerah papua juga dikategorikan ke dalam jenis tumbuhan langka sebab jumlah dari populasinya yang semakin tahun semakin sedikit.
Tiga jenis tumbuhan yang telah saya sebutkan diatas, itu hanya merupakan contoh kecil tumbuhan langka yang ada di Indonesia, sebetulnya masih banyak lagi jenis tumbuhan langka di Indonesia yang lainnya, dan mungkin akan saya bahas kembali pada kesempatan kesempatan yang akan datang.

Hewan langka di insonesia

Pada uraian diatas telah saya berikan beberapa contoh dari jenis tumbuhan langka yang ada di Indonesia. Nah, sekarang saya berikan contoh jenis hewan langka di Indonesia. Berikut adalah contohnya :
  1. Badak jawa. Badak jawa adalah jenis hewan langka yang ada di Indonesia. Mungkin anda semua dapat menyadarinya, jika pada saat ini sangat susah untuk dapat menemui badak jawa, hal ini dikarenakan jumlahnya yang mulai sangat sedikit, untuk itu pemerintah memasukan hewan badak jawa ke dalam jenis hewan langka.
  2. Anoa. Anoa adalah hewan yang berasal dari daerah Sulawesi, saat ini populasi dari hewan anoa juga sudah mulai sedikit, maka dari itu hewan anoa dimasukan dalam jenis hewan yang langka. 
  3. Elang jawa. Keberadaan dari elang jawa pada saat ini sudah mulai jarang untuk ditemui di sembarang tempat, sebab jumlahnya yang sedikit dan hampir mengalami kepunahan. Karena itulah elang jawa dimasukan ke dalam jenis hewan yang langka.