Seputarpendidikan003.blogspot.com

11/07/2015

Fungsi Arteri Pulmonalis dan Bilik Kiri

Fungsi Arteri Pulmonalis dan Bilik Kiri - Arteri pulmonalis merupakan pembuluh darah yang tugasnya membawa darah yang mengandung karbondioksia menuju jantung. Setelah itu karbondioksida akan pindah tempat ke kantug udara dan dikeluarkan melewati paru-paru.

Jadi fungsi arteri pulmonalis adalah sebagai pengankut darah yaitu darah yang mengandung karbon dioksida. Arteri ini melintang panjang di bagian dada manusia bagain atas dan dibawah arkus oarta serta memasuki paru kanan.

Fungsi arteri pulmonalis pada dasarnya yaitu membawa darah yang mengikat karbondioksida dari jantung ke paru. Arteri ini sebagai alat penghubung antara jantung dan paru pada tubuh manusia. Darah yang telah terkandung karbondioksida didalamnya akan dibawa dari jantung ke paru. Arteri pulmonalis terbagi menjadi dua bagian yaitu arteri pulmonalis sebelah kiri dan arteri pulmonalis sebelah kanan. Darah yang tidak baik tadi akan dikirim ke jantung, dan akan dilakukan proses penetralan di dalam jantung. Setelah melalui proses penetralan darah ini akan melawati paru-paru dan akan membuang karbondioksida melalui hembusan pernapasan. Selanjutnya paru akan mulai menghirup oksigen kembali dan akan dikirim lagi kejantung untuk diproses dan diedarkan ke seluruh bagian tubuh.

Selanjutnya akan dibahas tentang bilik kiri pada jantung manusia. Fungsi bilik kiri yaitu sebagai alat untuk memompa darah yang mengandung kaya oksigen untuk di alirkan keseluruh bagian-bagian organ tubuh. Jantung pada manusia memiliki 4 bagian yaitu biliki kiri dan bilik kanan, serta serambi kiri dan serambi kanan. Empat bagian ini memiliki fungsi masing-masing yang sangat penting bagi tubuh. Jantung manusia normalnya akan berdetak kurang lebih 60-80 kali setiap menitnya. Jantung akan memompa darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Pada awalnya darah akan masuk melewati bilik kanan yang ada di bagian jantung bagian atas.

Darah ini mengikat karbon dioksida, darah yang barusan teralirkan ini mengalir melewati katup yang menjadi sekat pada jantung namanya katup trikuspid. Setelah melewati katup ini darah akan memasuki bilik jantung bagian kanan. Pada bilik ini darah akan masuk ketahap selanjutnya yaitu ke pembuluh paru atau arteri pulmonalis dan akan dibawa ke paru-paru. Untuk membuang karbon dioksida dan membawa kembali oksigen yang telang dihirup oleh paru-paru untuk dibawa kembali ke bilik kiri melalui arteri paru. Darah yang mengandung banyak oksigen ini akan melewati jalur berbeda dari sebelumnya, yaitu melewati katup yang bernama mitral. Setelah terjadi proses di bilik kiri, darah akan dialirkan ke seluruh bagian tubuh.

Saat bilik kiri pada jantung seseorang berfungsi dengan baik, hal ini akan membuat sirkulasi darah akan baik juga. Nah untuk menentukan fungsi bilik kirinya bekerja dengan baik maka dapat dilakukan pengujian melalui ekokardiogram yaitu untuk menguji fraksi ejeksi ada bilik kiri jantung seseorang.