Seputarpendidikan003.blogspot.com

11/13/2015

Fungsi Serambi Kiri dan Kanan

Fungsi Serambi Kiri dan Kanan - Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Jantung merupakan pusat kehidupan, karena jantung berfungsi sebagai alat untuk memompa darah dan mengalirkanya ke seluruh bagian tubuh. Jantung dilindungi oleh perikardium yang berbentuk selaput, jadi selaput perikardium ini membungkus jantung untuk melindunginya. Jantung letaknya berada di rongga dada manusia, letaknya agak ke kiri.

Bagian depan selaput perikardium yang membungkus jantung ini melekat di dada bagian tulangnya, sedangkan bagian belakangnya melekat pada punggung belakang. Bagian bawah selaput ini menghubung pada diafragma. Ukuran jantung manusia dapat dilihat dari besar kepala tangannya, kira-kira sebesar itulah jantungnya. Jantung manusia terbagi menjadi 4 bagian dan dipisahkan oleh sekat yang bernama katup. Bagian tersebut adalah serambi kanan dan serambi kiri kiri serta bilik kanan dan biliki kiri.

Fungsi serambi pada jantung dasarnya adalah wadah, jadi darah yang sudah dibawa oleh pembuluh akan di tampung di serambi agar tidak kembali lagi menjauhi jantung. Intinya serambi disini fungsinya sebagai penahan. Setelah berada di serambi darah akan dialirkan ke bilik. Fungsi serambi kanan adalah menerima darah yang mengandung karbondioksida yang dibawa pembuluh dari seluruh tuuh untuk dibawa menuju bilik kanan dan akan di buang melewati peru-paru. Setelah itu paru-paru akan menghirup oksigen dari luar dan di bawa ke serambi kiri. Jadi, fungsi serambi kiri adalah menerima darah yang mengandung oksigen dan selanjutnya akan menuju bilik kiri yang nantinya akan pompa dan dialirkan ke seluruh tubuh, begutulah seterusnya.

Dari keempat bagian jantung tersebut dipisahkan oleh sekat yang disebut katup. Katup yang memisahkan antara serambi kanan dan bilik kanan berjumlah 3 kelopak yang biasa disebut katup trikuspid. Sedangkan katup yang memisahkan antara serambi kiri dan bilik kiri berjumlah 2 kelopak yang sering disebut katup bikuspid. Fungsi dari katup ini adalah agar tidak kembali menjauhi jantung. Selain katup trikuspid dan katup bikuspid ada katup lain yaitu katup oarta serta katup pulmonal. Kedua katup ini fungsinya sama dengan katup sebelumnya, yaitu menjaga agar darah tidak kembali.

Untuk lebih jelasnya, kami akan membahas 4 bagian jantung ini satu-persatu, berikut penjelasannya:

1. Serambi kanan/ atrium kanan

Saat darah sudah mengalir di seluruh tubuh, darah akan mengandung karbon dioksida. Nah, darah yang mengandung karbon dioksida ini akan dialirkan oleh pembuluh balik vena cava ke serambi kanan. Setelah serambi kanan menerima darah yang mengandung karbon dioksida, serambi akan mengirimnya ke bilik, agar darah tidak kembali saat proses pengiriman, darah akan ditahan oleh katup trikuspid.

2. Bilik Kanan/ventrikel kanan
Bilik ini merupakan tempat yang akan dituju oleh darah dari serambi kanan tadi. Darah yang berasal dari serambi kanan mengandung banyak karbon dioksida darah dapat sampai pada bilik ini tidak lepas karena bantuan dari katup trikuspid. Setelah itu darah yang mengandung karbondioksida ini akan dialirkan ke paru-paru untuk dibuang.

3. Serambi Kiri/atrium kiri
Setelah paru-paru membuang karbondioksida, paru-paru akan menghirup udara baru yang kaya akan oksigennya. Setelang paru-peru menghirp oksigen ini, pembuluh balik vena pulmonalis akan menerima oksigen ini dan mengikatnya dengan darah. Darah akan kembali mengandung oksigen. Setelah itu pembuluh vena pulmonalis akan mengirimkan darah ini ke serambi kiri.

4. Bilik kiri/ventrikel kiri
Setelah melewati serambi kiri, darah yang kaya oksigen tadi akan menuju bilik kiri. Proses ini akan dibantu oleh katup bikuspid. Setelah itu bilik kiri akan memompa dan mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuhmelalui bantuan pembuluh aorta. Baca: Fungsi Arteri Pulmonalis dan Bilik Kiri