Seputarpendidikan003.blogspot.com

11/24/2015

Pengertian Evaluasi dan Pengertian Pengaruh Menurut Para Ahli

Pengertian Evaluasi dan Pengertian Pengaruh Menurut Para Ahli - evaluasi merupakan berasal dari kata evaluation yang berarti penilaian. Evaluasi ini berkaitan dengan suatu menejemen program.

Berikut beberapa pengertian menurut ahli:

· Echols dan Shadily: evaluasi merupakan salah satu bagian terpenting dari manajemen sistem yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta monitoring. Evaluasi berfungsi sebagai monier suatu objek dalam sebuah rancangan.

· Yunanda: evaluasi merupakan suatu kegiatan yang terencana dan terperinci untuk memprediksi keadaan suatu objek dengan menggunakan bantuan instrumen untuk mendapatkan kesimpulan

· Hikmat: evaluasi merupakan suatu proses yang dilakukan dengan sengaja untuk menilai pencapaian suatu tujuan serta untuk mengungkap kinerja suatu proyek tertentu agar dapat menghasilkan yang terbaik. Baca: Pengertian Perspektif dan Pergaulan Menurut Para Ahli 

· Griffin & Nix: penilaian, pengukuran serta evaluasi merupakan satu-kesatuan yang berbentuk hirarki, memiliki tingkatan pada setiap tahapnya. Tahap pertama adalah pengukuran, yaitu membandingkan hasil dari sebuah pengamatan yang telah dilakukan dengan kriteria ideal yang telah ditetapkan yang kedua akan dilanjutkan dengan penilaian, yaitu mengartikan hasil yang diperoleh dari pengukuran tadi, setelah baru baru dapat masuk pada tahap evaluasi yaitu menetapkan suatu nilai atau tindakan tertentu yang akan diambil.

Pengertian pengaruh menurut para ahli, yaitu:

Wiryanto: pengaruh adalah seseorang yang memiliki kelebihan untuk mempengaruhi seseorang, biasanya memiliki nilai lebih dibanding orang lain yang dapat dilakukan oleh tokoh formal, yaitu tokoh resmi yang ditunjuk untuk menjadi orang berpengaruh maupun informal yang dengan kelebihannya sendiri ia dipilih oleh sebagian orang dengan sukarela.
Norman Barry: pengaruh merupakan bagian dari kekuasaan yang dapat mendorong orang lain untuk bertindak seperti yang mempengaruhi walaupun tidak ada sanksi yang menyertainya.
Uwe Becker: pengaruh merupakan kemampuan dasar yang dimiliki oleh seseorang dan dapat berkembang seiring dengan proses belajar.
Otto Schrieke: pengaruh adalah salah satu bentuk dari perwujudan kekuasaan.
Albert R. Roberts & Gilbert: pengaruh merupakan penampakan dari wajah sebuah kekuasaan yang didapatkan oleh seseornag sewaktu mereka tidak mempunyai kewenangan bertindak.
Surakhmad: pengaruh merupakan suatu kekuatan yang dimunculkan dengan sengaja dari seseorang atau dari suatu benda sehingga dapat memunculkan suatu perubahan reaksi terhadap segala sesuatu yang ada di sekeliling yang berpengaruh.

Dari bebrapa pengertian pengaruh menurut ahli di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh merupakan suatu kekuatan yang berasal dari suatu sumber, dapat berupa orang atau suatu benda sehingga dapat membuat sesuatu yang dipengaruhi dapat melakuakn atau dapat berubah sesuai keinginan yang mempengaruhi. Jadi pengaruh merupakan suatu hasil dari sebuah sikap yang dilakukan oleh seseorang dengan sengaja untuk mendapatkan perubahan sesuai yang diinginkannya, baik dengan diiringi sanksi maupun dilakukan dengan sukarela. Baca: Pengertian dan Bentuk Interaksi Menurut Para Ahli