Seputarpendidikan003.blogspot.com

1/18/2016

Fungsi Plasma Darah

Fungsi Plasma Darah - Plasma darah merupakan salah satu komponen darah yang berbentuk cair, memiliki warna yang kekuning-kuningan. Plasma darah akan menjadi medum dari sel-sel darah, yang akan menutipi sel darah dengan membentuk butiran-butiran darah, yang mengandung fibrinogen didalamnya yang berfungsi untuk mengatasi apabila terjadi pendarahan akibat luka.

Plasma darah merupakan salah satu komponen darah yang terbesar, besar volume dari plasma darah yaitu sekitara 55% dari volume darah. Komponen volume darah terdiri dari 90% air dan 10% merupakan larutan protein, faktor koagulasi, glukosa, hormon, ion mineral, dan karbon dioksida. Dikarenakan dinding pada kapiler darah bersifat permiabel untuk air serta elektrolit maka plasma darah selalu menjadi bagian dalam pertukaran zat dengan sebuah cairan interstisial. Dalam waktu sekitar 1 menit, 70% cairan dari plasma darah akan melakukan pertukaran dengan sebuah cairan interstisial. Baca: Fungsi Hemoglobin dan Fibrinogen

Fungsi plasma darah yang utama adalah mengangkut sari-sari dari makanan untuk didistribusikan ke sel-sel serta bertugas untuk membawa sisa pembakaran dari sel-sel menuju tempat pembuangan, selain itu plasma darah juga menghasilkan sebuah zat kekebalan tubuh yang dapat melindungi diri dari penyakit atau yang biasa disebut dengan zat antibodi.

Plasma darah mengandung beberapa komponen yaitu :

  • Gas oksigen, karbondioksida dan nitrogen 
  • Mengandung Protein yang dapat larut dalam darah, sejumlah molekul ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga menjadikannya tidak dapat menembus dinding-dinding kapiler.
  • Mengandung fibrinogen, yang memiliki peranan penting dalam proses pembekuan darah.
  • Mengandung globulin, yang berfungsi dalam membentuk g-globulin, merupakan salah satu komponen pembentuk antibodi.
  • Mengandung albumin, yang berguna untuk menjaga keseimbangan tekanan pada osmotik darah.
  • Mengandung Enzim
  • Mengandung Antibodi.
  • Mengandung Hormon.
  • Mengandung Urea, merupakan zat-zat dari sisa hasil metabolisme tubuh.
  • Mengandung Asam urat, merupakan zat-zat dari sisa hasil metabolisme tubuh.
  • Mengandung CO2, O2, dan N2 yang merupakan gas-gas utama yang dapat larut dalam plasma darah.
  • Mengandung sari-sari makanan dan mineral diantaranya gliserin, monosakarida, glukosa, asam lemak, kolesterol, garam-garam mineral, asam amino, dan sebagainya. 
  • Dan zat-zat lain yang merupakan hasil dari produksi sel-sel.
Saat darah didalam tubuh manusia didiamkan akan membentuk dua lapisan, lapisan pertama merupakan lapisan plasma darah, lapisan kedua merupakan lapisan sel sel darah.

Bagian dari plasma darah yang memiliki fungsi sangat penting adalah serum. Serum yang terkandung dalam plasma darah merupakan hasil dari plasma darah yang telah dipisahkan dari fibrinogennya dengan cara melakukan proses memutar darah yang ada di dalam sentrifuge. Serum akan tampak sangat jernih sekali dan didalamnya mengandung zat antibodi. Antibodi yang terkandung ini berfungsi untuk memusnahkan antigen asing yang masuk ke dalam tubuh.

Itulah penjelasan dari Fungsi plasma darah yang dapat dibahas pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Baca: Bagian - Bagian Darah dan Fungsinya