Seputarpendidikan003.blogspot.com

1/12/2016

Kerajaan - Kerajaan di Indonesia

Kerajaan - Kerajaan di Indonesia - Pada abad ke 4 Masehi, orang-orang asing mulai berdatangan ke Indonesia, sebagian besar tujuan mereka adalah berdagang di Indonesia. Sejak saat itu bnyak kerajaan yang mulai bermunculan, ada banyak sekali kerajaan-kerajaaan yang di bangun di Indonesia. Kerajaan yang berkembang awalnya kerajaan Hindu dan kerajaan Budha. Berikut beberapa kerajaan-kerajaan di Indonesia:

1. Kerajaan Kutai 

Kerajaan yang pertama kali muncul adalah kerajaan Kutai, yang merupakan kerajaan Hindu pertama yang dibangun di Indonesia. Kerajaan ini dibangun KalimantanTimur tepatnya di tepi sungai Mahakam pada 400Masehi. Raja pertama yang memerintah kerajaan ini adalah raja kudungga, dan digantikan oleh raja Aswawarman selanjutnya digantikan oleh raja Mulawarman. 

2. Kerajaan Tarumanegara 

Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan bercorak Hindu, yang didirikan di Jawa Barat pada 450 M. Raja pertama yang memimpin kerajaan ini adalah Raja Pernawarman. 

3. Kerajaan Kaling 

Kerajaan Kaling dibangun di Jawa Tengah, tepatnya di Jepara pada 674 Masehi. Raja pertama yang memerintah kerajaan ini adalah seorang ratu yang bernama Ratu Shima. Baca: Kerajaan Islam di Indonesia dan Peninggalannya

4. Kerajaan Sriwijaya 

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan bercorak Budha yang dibangun di daerah Sumatera pada abad ke 7 masehi. Raja yang pernah berkuasa di kerajaan Sriwijaya adalah raja Sri Jayanaga, Balaputradewa lalu Sri Sangrawijayatunggawarman. Pada masa kerajaan Sriwijaya ada pemuka Agama Budha yang terkenal bernama Sakyakirti. 

5. Kerajaan Mataram Hindu

Kerajaan Mataram Hindu didirikan di Jawa Tengah, Raja-raja yang pernah memimpin di kerajaan Mataram Hindu antara lain Raja Sanaya yang mendapatkan gelar Raka Mataram, Ratu Sanjaya, selanjutnya adalah Rakai Panangkara yang mendapatkan gelai Syailendra Sri Mahraja Dyah Pancapana Rakai Panangkarana. Saat pemeritahan raja Rakai Panagkaranlah yang membuat kerajaan ini terpecah menjadi dua bagian. Sebagian Sebagai pemeluk agama Buddha, sebagian lagi sebagai pemeluk agama Hindu. Pemeluk agama Buddha berkuasa daerah Jawa Tengah Selatan, sedangkan pemeluk agama Hindu berkuasa di daerah pegunungan Dieng. Naun pada masa pemerintahan selanjutnya, yang berada di bawah kekuasaan raja Rakai Pikatan, kerajaan Mataram Hindu disatukan kembali. Raja-raja yang berkuasa selanjutnya antara lain : Raja Belitung yang mendapatkan gelar Rakai Watukara. Raja Daksa, Raja Tulodong, Raja Wawa dan yang terakhir adalah Mpu Sendok. Baca: Candi Peninggalan Agama Hindu Budha

6. Kerajaan Wangsa Isyana 

Pada tahun 929 Masehi,Mpu Sendok mambuat pemerintahan Syailendra berpindah ke daerah Jawa Timur dan membentuk kerajaan baru yang dinamakan kerjaan Wangsa Isyana. Raja-raja yang pernah berkuasa di kerajaan Wangsa Isyana antara lain: Mpu Sendok sendiri,yang mendapatkan gelar Maharaj Rake Hino Sri Isyana Wikramadharmotunggadewa, selanjutnya adalah raja Sri Isyanatunggawijaya, lalu raja Makutawangsawardhana, berikutnya adalah raja Darmawangsa yang mendapatkan gelar Sri Darmawangsa Teguh Anantawikramatunggadewa, raja Airlangga yang mendapatkan gelar Sri Maharaja Rake Halu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga Anantawikramatunggadewa. 

Itulah beberapa kerajaan-kerajaan di Indonesia yang dapat dibahas pada artikel ini, semoga bermanfaat.