Seputarpendidikan003.blogspot.com

2/11/2016

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi - Pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses yang terjadi yang ditandai dengan naiknya pendapatan total serta naiknya pendapatan perkapita yang dibandingkan dnegan pertambahan penduduk yang disertai dengan adanya perubahan fundamental didalam tatanan struktur ekonomi suatu negara. Pembangunan ekonomi tidak dapat dipisahkan dari pertumbuhan ekonomi, keduanya memiliki hubungan yanng erat kaitannya. pembangunan ekonomi dapat mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi, begitu pula sebaliknya, pertumbuhan ekonomi dapat membantu memperlancar tterjadinya proses pembangunan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai sebuah proses yang terjadi dengan melakukan upaya menaikkan kapasitas produksi perekonomian yang yang hasilnya dapat terlihat dari adanya kenaikan pendapatan nasional. Suatu negara dapat dinilai mengalami pertumbuhan ekonomi jika pada negara tersebut terjadi peningkatan GNP riil, dan hal tersebut dapat menjadi indikasi terjadinya keberhasilan pembangunan ekonomi.Perbedaanya adalah, keberhasilan pertumbuhan ekonomi lebih bersifat kuantitatif, yaitu dengan melihat kenaikan yang etrjadi dalam standar pendapatan serta tingkat output produksi yang telah dihasilkan, sedangkan keberhasilan pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif, bukan hanya dilihattt dari pertambahan produksi, namun juga terlihat pada adanya perubahan-perubahan yang terjadi didalam struktur produksi serta alokasi input pada berbagai sektor. Ada beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi yang akan kami bahas pada artikel ini, faktor ini yang nantinya dapat menjadi sebab terjadinya keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara.

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi:

1. SDM atau Sumber Daya Manusia yang berpotensi
SDM atau Sumber Daya Manusia merupakan kunci terjadinya proses pembangunan ekonomi. Sumber daya lain tidak akan berarti apa-apa tanpa didukung oleh SDM atau Sumber Daya Manusia yang berpotensi. Hal ini dikarenakan SDM atau Sumber Daya Manusia yang tidak memiliki potensi tidak akan mampu mengelola sumber daya yang ada secara optimal.

2. SDA atau Sumber Daya Alam
SDA atau Sumber Daya Alam baik yang berupa hayati maupun yang berupa nonhayati merupakan hal penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Jika sebuah negara tidak memiliki pasokan SDA atau Sumber Daya Alam yang dapat diproduksi maka negara tersebut akan memasok ke negara lain, jika hal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang panjang maka akan merugikan negara tersebut.

3. IPTEK atau Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi
Ilmu pengetahuan merupakan sarana yang dapat memperlancar dalam mengolah SDA atau sumber daya alam. teknologi merupakan alat yang dapat membantu manusia dalam memaksimalkan pekerjaannya

4. Nilai sosial budaya
Nilai sosial budaya sangat mempengaruhi proses pembangunan, yang dapat menjadi pendrong mauppun penghambat pembangunan.

5. Keadaan Politik
Keadaan politik suatu negara dapat mempengaruhi proses pembangunan ekonomi

6. Sistem Pemerintahan
Pemerintahan yang menganut paham liberalis akan membebaskan warganya untuk melakukan bermacam-macam termasuk pembangunan ekonomi. pemerintahan yang menganut paham sosialis, akan mengatur seluruh aspek kehidupan masyarakatnya. Baca: Ciri - Ciri Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi