Seputarpendidikan003.blogspot.com

10/24/2016

Fungsi Organel Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Fungsi Organel Sel Hewan dan Sel Tumbuhan - Mahluk hidup merupakan salah satu ciptaan Tuhan yang kompleks dan berharga. Mungkin anda dapat melihar rupa-rupa berbagai spesies yang berbeda dan memiliki kelebihan atau keistimewaan dan ciri khas tersendiri. Manusia pun merupakan salah satu mahluk ciptaanNya yang paling sempurna diantara semua mahluk hidup di muka bumi ini. Mahluk hidup memiliki susunan dan bagian yang sudah terbentuk sedemikian rupa dengan peran dan fungsinya masing-masing. Bahkan ilmuan sekalipun belum bisa menafsirkan keseluruhan komponen pada mahluk hidup karena betapa kompleksnya struktur pembentuk, penggerak dan penghidup dari semua spesies.

Salah satu pengetahuan mengenai biologi yang pasti yaitu bukti bahwa setiap mahluk hidup tersusun dari komponen-komponen kecil dan tak terlihat yang biasa disebut sel. Meskipun wujudnya kecil, tapi bagian inilah yang memiliki peran penting sebagai pondasi dasar dalam pembentuk suatu kehidupan. Tanpa sel, mahluk hidup takkan ada. Sel diumpamakan layaknya puzzle, dari komponen kecil yang disusun secara terstruktur lalu terbentuklah suatu rupa yang hidup. Sel pun memiliki sifat layaknya mahluk hidup yaitu dapat berkembangbiak, mendapatkan nutrisi dan lain-lain. Sel juga memiliki susunan struktur yang cukup rumit, dan susunan inilah yang memiliki perannya masing-masing dalam mendukung kehidupan beragam spesies. Dari sekian banyaknya komponen sel, salah satu unsur terpentingnya yaitu organel.

Fungsi Organel Sel Hewan

Bagian sel bernama organel ini memang selalu ada pada seluruh spesies seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Struktur organel antar mahluk hidup satu dengan yang lainnya memiliki fungsi atau peran yang berbeda. Sel organel ini memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan dengan organel sel tumbuhan. Sel organel sendiri memiliki fungsi yang berguna untuk membuat seluruh bagian sel dapat bekerja secara optimal. Berikut adalah fungsi organel bagi hewan. Baca: Bagian Bagian Sel Tumbuhan Dan Fungsinya

· Membran Sel
bagian terluar dan merupakan pelindung bagian sel terdalam. Membran ini memiliki susunan yaitu protein dan lemak. Fungsi dari membran ini sebagai pelindung sel, penyeleksi unsur-unsur pada tubuh mana yang harus diterima dan mana yang tidak, penerima rangsangan dari faktor luar dan masih banyak lagi.

· Sitoplasma
Sitoplasma memiliki wujud cair dan gel. Fungsinya yaitu komponen berlangsungnya metabolisme sel serta sumber bahan kimia sel.

· Retikulum Endoplasma
Fungsi dari Retikulum ini yaitu sebagai alat sintesis lipid, transport zat dan sintesa protein.

· Mitokondria
Memiliki fungsi sebagai penghasil energi dan penggerak berbagai organ tubuh.

· Mikrofilamen
Fungsi dari mikrofilamen ini yaitu sebagai penggerakan sel.

Fungsi Organel Sel Tumbuhan

Tumbuhan pun rupanya memiliki bagian struktur organel yang memiliki fungsinya masing-masing. Berikut adalah bagian dan fungsi organel untuk tumbuhan :

1. Organel Sel Tumbuhan
Nukleus ini adalah komponen sel paling penting yang berguna untuk penyimpanan materi ginetik juga mengoordinasikan metabolisme berupa pertumbuhan sel, sintesis proten dll.

2. Organel Sel Tumbuhan (Ribosom)
Bagian sel ini memiliki fungsi sebagai tempat dalam sintesis protein.

3. Organel Sel Tumbuhan (Mitokondria)
Merupakan organel yang bertipe membran rangkap atau terbagi menjadi dua ruang yaitu membran luar dan membran dalam. Bagian sel ini berguna untuk memecah karbohidrat tipe kompleks dan gula untuk dimanfaatkan.

4. Organel Sel Tumbuhan (Badan Golgi)
Berbentuk kantung pipih yang memiliki fungsi sebagai zat pengangkut unsur kimia baik kedalam maupun keluar sel.

Organel Sel Tumbuhan (Retikulum Endoplasma)
Fungsiny sebagai Penghubung sekaligus pengangkut protein glikogen, steroid dll. Baca: Fungsi Nukleus pada Sel Hewan dan Sel Tumbuhan