Seputarpendidikan003.blogspot.com

11/29/2016

Fungsi Retikulum Endoplasma bagi Hewan dan Tumbuhan

Retikulum endoplasma merupakan salah satu bagian sel pada tubuh berbagai spesies mahluk hidup yang tediri dari sistem membran. Restikulum endoplasma ini merupakan salah satu bagian dari sitoplasma yang biasa disebut sitosol. Komponen sel ini juga terdiri dari berbagai ruang kosong yang tertutupi oleh unsur membran lainnya yang memiliki ketebalan 4 nanometer. Membran ini memiliki hubungan dengan inti sel atau nukleus. Dalam bagian retikulum ini ada banyak sekali ribosom dalam jumlah kira-kira ribuan.

Ribosom ini adalah tempat proses pembentukan protein yang terjadi di dalam sel. Bagian terjadinya proses pembentukan protein ini disebut retikulum endoplasma kasar, kegunaannya sebagai pemisah atau isolir juga mendistribusikan protein ke bagian-bagian sel lainnya. Lalu ada pula retikulum endoplasma halus yang dikarenakan tidak adanya ribosom yang menempel pada jaringan tubulus. Retikulum endoplasma ini merupakan komponen sel yang terdapat pada spesies tumbuhan dan hewan. Retikulum endoplasma ini memiliki bentuk kantung pipih. Ruang yang menjadi bagian dari retikulum endoplasma ini disebut lumen.

Fungsi Retikulum Endoplasma bagi Hewan

Sebelum membahas mengenai peran atau fungsi dari retikulum endoplasma sendiri, ada baiknya bila anda mengetahui lebih jauh tentang struktur yang terdapat pada retikulum endoplasma ini, yaitu sebagai berikut :

1. Retikulum Endoplasma Kasar
Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa retikulum ini memiliki bentuk seperti kantung pipih yang terdiri dari beberapa ruang-ruang. Retikulum kasar inilah yang memiliki fungsi untuk memproduksi protein yang memberikan penampilan kasar. Karena wujud dari protein kasar inilah yang menyebabkan retikulum ini disebut retikulum endoplasma kasar. Retikulum endoplasma ini pun terlihat kasar karena jaringannya yang dilekat oleh ribosom. Baca: Fungsi Nukleus pada Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

2. Retikulum Endoplasma Halus
Retikulum ini terdiri dari unsur tubulus yang terletak dekat dengan pinggiran sel. Komponen inilah yang meningkatkan daya luas permukaan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan enzim dan berbagai produk hasil enzim lainnya.
Bisa disimpulkan bahwa retikulum endoplasma ini menghasilkan protein sedang kan retikulum endoplasma halus ini menghasilkan unsur berupa mensistetsis steroid juga lipid. Hal inilah yang berguna dalam proses metabolisme karbohidrat juga mengatur dalam proses konsesntrasi kalsium, tempat melekatnya reseptor di protein membran sel dan detoksifikasi obat.

Fungsi dari retikulum endoplasma pada spesies hwan ini adalah memainkan peranan penting pada bagian manufaktur. Yaitu berupa pengangkutan sekaligus pengolahan beragam jenis senyawa untuk penggunaannya baik itu di dalam maupun di luar sel. Bagian ini pun terselebug pula pada nukleus dengan menyediakan pipa diantara inti dengan sel-sel hewan. Retikulum pada endoplasma ini multifungsi sekali yaitu berperan dalam mengatur kalsium intraseluler, mensintesis membran lipid dan protein. Baca: Fungsi Organel Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Fungsi Retikulum Endoplasma bagi Tumbuhan

Bagi sel pada tumbuhan, retikulum endoplasma ini dapat bertindak atau berfungsi sebagai saluran masuknya protein dalam membran. Retikulum endoplasma pun memiliki fungsi khusus untuk tanaman yaitu untuk mensintesis protein dan pematangan. Retikulum pun memainkan fungsi penting selama proses penyimpanan lipid juga biosintesis. Sejumlah membran larut pada unsur ini, memiliki hubungan dengan molekul pendamping dan enzim. 

Selain itu ada beberapa fungsi tambahan lain dari retikulum endoplasma bagi tumbuhan yang takkan ditemukan pada spesies hewan, yaitu dapat melibatkan sel untuk komunikasi antara sel khusus juga berfungsi untuk tempat penyimpanan bagi protein. Retikulum endoplasma pada tumbuhan ini memiliki kandungan protein struktural dan enzim yang terlibat pada penyimpanan lipid dan biogenesis. Retikulum untuk tumbuhan ini pun terhubung antara sel melalui komponen yaitu plasmodesmata. Baca: Bagian Bagian Sel Tumbuhan Dan Fungsinya